SOLOPOS.COM - Lindungi rumah di musim penghujan. (Antara-Pixabay)

Solopos.com, KLATEN–Wilayah Klaten diguyur hujan selama beberapa hari terakhir. Termasuk pada Senin (3/10/2022) pagi.

Hujan mengguyur Klaten sejak Senin dini hari dan berlangsung hingga pagi. Guyuran hujan merata hampir di seluruh wilayah Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto, mengatakan ada indikasi wilayah Klaten diguyur hujan selama Senin.

“Untuk intensitas deras atau tidak, tentu kami akan melihat dari satelit BMKG terkait arah dan pergerakan awan dan angin karena itu berpengaruh. Tetapi harapan kami warga yang beraktivitas biasa untuk membawa peralatan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hujan di jalan supaya semua dalam keadaan sehat dan aman,” jelas Nur saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/10/2022).

Nur menjelaskan Klaten saat ini sudah memasuki musim penghujan setelah kemarau basah atau musim kemarau yang masih terjadi guyuran hujan selama beberapa bulan terakhir. Selama beberapa hari terakhir, wilayah Klaten diguyur hujan dengan intensitas deras hingga ringan.

Terkait kondisi alur sungai, Nur menjelaskan hingga kini belum ada laporan terkait luapan air sungai.

“Harapan kami Klaten aman dari ancaman banjir. Kami mengimbau ke masyarakat sudah musim hujan dan deras akhir-akhir ini dan mungkin ada angin kencang atau angin ribut, kami imbau warga membersihkan selokan-selokan air untuk memperlancar aliran air,” kata dia.

Ketika ada hujan lebat disertai angin kencang, Nur mengimbau warga tak berteduh di bawah pohon.

Pasalnya, pohon atau ranting rawan roboh ketika diterjang angin.

“Begitu pula ketika melewati tempat-tempat yang ada pepohonan tinggi. Ketika berkendara tetap berhati-hati dan melihat situasi supaya berkendara tetap aman,” ungkap Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya