SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SMA (Dok/JIBI/Solopos)

Pelimpahan SMA/SMK, Pemkab Klaten sudah melimpahkan pengelolaan SMA/SMK negeri di kabupaten tersebut ke Pemerintah Provinsi Jateng.

Solopos.com, KLATEN — Kewenangan pengelolaan SMA/SMK negeri di wilayah Klaten sudah beralih ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kendati demikian, untuk gaji pegawai SMA/SMK hingga akhir 2016 masih ditangani Pemkab Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, menjelaskan pelimpahan pengelolaan SMA/SMK itu ditandai penandatanganan serah terima personel, pendanaan, sarana, dan prasarana, serta dokumen (P3D). “Penandatanganan dilakukan pada Senin [26/9] lalu. Untuk yang dialihkan kewenangannya itu semua SMA dan SMK negeri termasuk asetnya,” jelas dia saat ditemui wartawan di Setda Klaten, Selasa (4/10/2016).

Jaka mengatakan meski sudah dialihkan pada akhir September lalu, pelaksanaan pengalihan tersebut secara penuh dilakukan pada 2017. Hingga akhir 2016, gaji pegawai yang dialihkan ke provinsi masih menjadi kewenangan pemkab.

Ia menjelaskan pengalihan tak hanya dilakukan untuk pegawai serta aset SMA/SMK. Pengalihan juga dilakukan ke bidang lain seperti pada Dinas Perhubungan. “Misalnya terminal, karena sudah tipe A, nanti pengelolaannya dilimpahkan ke pemerintah pusat,” ungkap dia.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Sunarno, mengatakan pengalihan kewenangan SMA/SMK secara keseluruhan mulai dari pegawai hingga aset SMA/SMK. “Aset-aset itu meliputi peralatan yang dimiliki masing-masing sekolah. Kemarin daftar aset sudah ada termasuk nilainya berapa dan ini sudah dihapus dari catatan Pemkab. Ada sekolah yang berdiri di tanah milik desa kemarin kami juga berikan catatan terkait hal itu,” jelas dia.

Di Klaten ada 27 SMA/SMK negeri dengan total luas tanah mencapai 635.672 meter persegi. Jumlah peralatan dan mesin ada 128.163 unit, jumlah kendaraan tujuh unit, jumlah gedung dan bangunan 689 bangunan atau seluas 197.958 meter persegi. Sementara jumlah pegawai di tingkat SMA/SMK sekitar 2.400 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya