Klaten Limpahkan SMA/SMK ke Provinsi

Klaten Limpahkan SMA/SMK ke Provinsi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SMA (Dok/JIBI/Solopos)

Pelimpahan SMA/SMK, Pemkab Klaten sudah melimpahkan pengelolaan SMA/SMK negeri di kabupaten tersebut ke Pemerintah Provinsi Jateng.

Solopos.com, KLATEN — Kewenangan pengelolaan SMA/SMK negeri di wilayah Klaten sudah beralih ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kendati demikian, untuk gaji pegawai SMA/SMK hingga akhir 2016 masih ditangani Pemkab Klaten.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, menjelaskan pelimpahan pengelolaan SMA/SMK itu ditandai penandatanganan serah terima personel, pendanaan, sarana, dan prasarana, serta dokumen (P3D). “Penandatanganan dilakukan pada Senin [26/9] lalu. Untuk yang dialihkan kewenangannya itu semua SMA dan SMK negeri termasuk asetnya,” jelas dia saat ditemui wartawan di Setda Klaten, Selasa (4/10/2016).

Jaka mengatakan meski sudah dialihkan pada akhir September lalu, pelaksanaan pengalihan tersebut secara penuh dilakukan pada 2017. Hingga akhir 2016, gaji pegawai yang dialihkan ke provinsi masih menjadi kewenangan pemkab.

Ia menjelaskan pengalihan tak hanya dilakukan untuk pegawai serta aset SMA/SMK. Pengalihan juga dilakukan ke bidang lain seperti pada Dinas Perhubungan. “Misalnya terminal, karena sudah tipe A, nanti pengelolaannya dilimpahkan ke pemerintah pusat,” ungkap dia.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Sunarno, mengatakan pengalihan kewenangan SMA/SMK secara keseluruhan mulai dari pegawai hingga aset SMA/SMK. “Aset-aset itu meliputi peralatan yang dimiliki masing-masing sekolah. Kemarin daftar aset sudah ada termasuk nilainya berapa dan ini sudah dihapus dari catatan Pemkab. Ada sekolah yang berdiri di tanah milik desa kemarin kami juga berikan catatan terkait hal itu,” jelas dia.

Di Klaten ada 27 SMA/SMK negeri dengan total luas tanah mencapai 635.672 meter persegi. Jumlah peralatan dan mesin ada 128.163 unit, jumlah kendaraan tujuh unit, jumlah gedung dan bangunan 689 bangunan atau seluas 197.958 meter persegi. Sementara jumlah pegawai di tingkat SMA/SMK sekitar 2.400 orang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Hotel dan Restoran di Malang terpaksa merumahkan separuh dari total karyawan mereka untuk bisa bertahan sekaligus mematuhi aturan PPKM.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.