SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemakaian masker di mobil. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN -- Selama lebih dari tiga bulan terakhir, operasi masker gencar dilakukan di berbagai wilayah di Kabupaten Klaten. Gencarnya operasi digelar untuk membiasakan warga dengan salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tak hanya di tingkat kabupaten, operasi masker itu dilakukan hingga ke tingkat desa di Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Warga yang kedapatan tak bermasker dikenai sanksi penahanan KTP atau dokumen diri lainnya hingga pelanggar mematuhi kewajibannya untuk bermasker ketika berada di luar rumah.

Pakai Masker di Semarang Bisa Peroleh Rp50.000

Mulai 3 September lalu, kualitas sanksi ditingkatkan dengan penahanan KTP atau identitas diri lainnya selama 10 hari atau kerja sosial seperti menyapu jalan hingga membersihkan selokan.

Sanksi itu diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 40/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Klaten.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan frekuensi operasi tak pernah surut. Bahkan, frekuensi operasi itu meningkat. Selain operasi, sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan gencar dilakukan.

KRL Jogja – Solo Bakal Singgahi 11 Stasiun, Mana Saja?

Selain Satpol PP, operasi hingga sosialisasi itu digelar bersama TNI, polri, serta sukarelawan.

Gencarnya operasi hingga ada peningkatan kualitas sanksi itu dinilai efektif untuk mengajak warga terbiasa mematuhi protokol kesehatan terutama bermasker dengan baik dan benar ketika keluar rumah.

“Dengan peningkatan kualitas sanksi yang diterapkan ada tren penurunan pelanggaran. Di wilayah kota, rata-rata pelanggar justru dari luar kota,” kata Ronny yang juga Koordinator Pusdalops Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Klaten saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (8/10/2020).

Bermasker dengan Baik dan Benar

Ronny berharap gencarnya operasi masker digelar kian menyadarkan warga untuk terbiasa dengan kebiasaan baru agar warga tetap bermasker dengan baik dan benar ketika berada di luar rumah.

Disiplin memakai masker menjadi salah satu cara yang efektif mencegah persebaran Covid-19 selain tetap menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Pengelola Water Gong Klaten Selalu Ingatkan Pengunjung Pakai Masker

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Klaten, Rabiman, mengatakan dari hasil rapat koordinasi dengan gugus tugas, frekuensi operasi masker dipastikan tak bakal kendur.

“Patroli dinilai efektif membantu menekan persebaran tersebut. Sehingga dari Forkompinda memutuskan patroli tetap dilaksanakan,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya