SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil pemadam kebakaran (JIBI/Dok.)

Pemkab Klaten menambah mobil pemadam kebakaran baru.

Solopos.com, KLATEN – Unit Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten segera mendapat tambahan dua mobil pemadam. Pengadaan mobil pemadam itu menggunakan alokasi dana dari APBD 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satpol PP Klaten, Sugeng Haryanto, mengatakan dua unit mobil pemadam itu masing-masing memiliki bak penampungan air berkapasitas 3.000 liter dan 5.000 liter. Untuk pembelian itu, pemkab mengalokasikan dana Rp3,1 miliar.

“Pengadaan sudah dilakukan secara e-katalog. Rencana pada pertengahan Desember nanti akan diserahkan,” ungkapnya, Jumat (10/11/2017).

Sugeng mengatakan pengadaan mobil pemadam kebakaran itu sesuai analisis kebutuhan. Idealnya, setiap kecamatan memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran. Di Klaten, terdapat 26 kecamatan. Namun, lantaran anggaran yang terbatas, total mobil pemadam kebakaran yang dimiliki sebanyak enam unit termasuk dua kendaraan pengadaan tahun ini.

Salah satu pengemudi mobil pemadam kebakaran, Nur Rochim, mengatakan ada empat kendaraan pemadam kebakaran. Keempat mobil itu tak semuanya dalam kondisi bagus lantaran faktor usia.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran merupakan keluaran 1983 dengan masing-masing kapasitas tangki air 3.000 liter dan 4.000 liter. Kondisi mesin kedua mobil dipastikan masih prima. Namun, mobil pemadam kebakaran berkapasitas 3.000 liter selama ini jarang digunakan saat proses pemadaman.

“Biasanya hanya digunakan untuk pemadaman api pada kebakaran ringan atau untuk membawa cadangan air. Semprotan air dari mobil itu sudah tidak kencang. Kalau normal, daya semprotnya itu bisa menjangkau 15 meter atau setara empat lantai bangunan bertingkat. Namun, untuk mobil ini hanya satu lantai,” katanya.

Mobil lainnya yakni pengadaan pada 2004 dengan kapasitas tangki air 5.000 liter. Pengadaan terakhir dilakukan pada 2014 dengan kapasitas tangki 3.500 liter. Kedua mobil itu termasuk satu mobil pengadaan 1983 dengan kapasitas tangki 4.000 liter menjadi andalan dalam pemadaman kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya