SOLOPOS.COM - Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di DPD Partai Golkar Klaten, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (30/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten mendapatkan gelontoran vaksin Covid-19 sebanyak 10.000 dosis dari pemerintah pusat melalui Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarti.

Ribuan dosis vaksin itu bakal didistribusikan ke seluruh kecamatan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Bersinar. Rencananya, bantuan vaksin itu didistribusikan ke kecamatan mulai pekan depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan capaian vaksinasi Klaten masih rendah. Persentase warga yang sudah menerima suntikan vaksin dosis pertama baru 12 persen. Sementara dosis kedua baru sekitar 8 persen. Target sasaran vaksinasi sekitar 980.000 orang.

Baca Juga: Tak Bisa Jualan Selama PPKM Darurat, PKL Alun-Alun Klaten Kehabisan Modal

“Beberapa waktu terakhir upaya vaksinasi terus dilakukan baik dari pemkab, Kodim, serta Polres. Kemudian ini ada bantuan dari Pak Airlangga melalui DPD Partai Golkar Klaten. Rencananya ada 20.000 dosis vaksin,” kata Yoga yang juga Ketua DPD Partai Golkar Klaten saat ditemui wartawan di kantor DPD Golkar Klaten, Jumat (30/7/2021).

Yoga mengatakan 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk Klaten itu merupakan tahap pertama. Mulai pekan depan vaksinasi menggunakan bantuan ini dilakukan di seluruh puskesmas di Klaten.

Vaksinasi itu bakal dibuka untuk masyarakat umum. Asal lolos screening dari petugas kesehatan, warga bisa mengikuti vaksinasi tersebut. Selain itu, vaksinasi bakal dilakukan kepada seluruh ketua RT/RW di Klaten.

Baca Juga: Kasus Kematian Tinggi, Pasien Covid-19 di Klaten Diimbau Tempati Isolasi Terpusat

Vaksinasi did DPD Partai Golkar

“Jadi vaksinasi ini untuk masyarakat umum. Kami tidak memprioritaskan kader partai atau tidak tetapi lebih ke masyarakat umum. Tujuannya agar persentase vaksinasi itu bisa lebih besar sehingga risiko tertular Covid-19 bisa semakin diperkecil,” katanya.

Sementara itu, sebanyak 400 orang ditargetkan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di kantor DPD Golkar Klaten, Jumat-Sabtu (30/7/2021-1/8/2021). Vaksinasi di kantor DPD Golkar Klaten itu diberikan kepada masyarakat umum yang sebelumnya sudah terdaftar.

Salah satu peserta vaksinasi di DPD Golkar Klaten, Anya, 43, berharap vaksinasi bisa terus digencarkan. “Ibarat kata 50 persen kondisi tubuh kita itu sudah aman dari Covid-19 kalau kita sudah divaksinasi,” kata warga Kecamatan Klaten Tengah itu.

Baca Juga: Cerita Unik Napi di Klaten, Bertato Tapi Takut Disuntik Vaksin

Selain menjaga kondisi tubuh lebih aman dari virus corona, warga Klaten itu mengaku membutuhkan vaksin Covid-19 agar bisa segera kembali bekerja.

Anya yang bekerja di dunia hiburan mengatakan vaksinasi menjadi salah satu syarat agar ia bisa kembali bekerja. “Saya memang sudah niat banget bisa segera divaksin karena juga capai di rumah terus tidak bisa kerja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya