SOLOPOS.COM - Ilustrasi kembali ke sekolah. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten saat ini belum memiliki rencana menggelar uji coba pembelajaran atau sekolah tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Wardani Sugiyanto, mengatakan Disdik masih memaksimalkan pelaksanaan gerakan Guru Tonggo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gerakan Guru Tonggo itu, lanjut dia, dilakukan para guru dengan mendampingi pelajar di sekitar tempat tinggal mereka tanpa memandang asal sekolah anak tersebut.

Baca juga: Walah, Kasus Covid-19 di Klaten Tambah 34 Orang Lagi

Pendampingan dilakukan para guru melalui kelompok-kelompok belajar dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Gerakan itu diprioritaskan untuk pendampingan kepada siswa kelas I hingga III sekolah dasar (SD) dengan pendampingan diutamakan belajar membaca, menulis, dan berhitung.

“Gerakan-gerakan Guru Tonggo tinggal optimalisasi saja. Beberapa kami berikan pendampingan agar pelaksanaan pembelajaran tidak terlalu rapat dan protokol kesehatan tetap diterapkan,” kata Wardani saat ditemui di DPRD Klaten, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Berawal dari Iseng, Pria Klaten Sukses Bisnis Akuarium dari Ban Bekas

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pemkab belum berani menggelar pembelajaran tatap muka terutama untuk siswa SD dan sekolah menengah pertama (SMP).

Salah satu alasan yakni pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro masih berlaku dengan salah satu poin pembatasan yakni kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

“Kami tidak ingin mengambil risiko kepada anak-anak [tertular Covid-19]. Sampai saat ini belum ada petunjuk lebih lanjut [untuk menggelar pembelajaran tatap muka]. Selain itu, saat ini juga masih berlaku PPKM mikro,” kata Mulyani.

Baca juga: Klaten Bertahan di Zona Oranye Persebaran Covid-19 Selama 6 Pekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya