Klaster SMA Warga Solo Bertambah, Total Kasus 25 Orang

Kasus Covid-19 dari klaster SMA Warga, Solo, bertambaha menjadi 25. Sementara itu ada seorang guru dan murid dinyatakan telah negatif Covid-19.

 Petugas melakukan penyemprotkan cairan disinfektan di ruang kelas, SMA Warga, Solo, Kamis (27/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas melakukan penyemprotkan cairan disinfektan di ruang kelas, SMA Warga, Solo, Kamis (27/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Klaster Covid-19 di lingkungan SMA Warga, Solo, bertambah menjadi 25 orang. Mereka yakni empat guru, tiga karyawan, dan 18 murid.

Tracing terakhir [Sabtu, 29/1/2022] adalah positif empat siswa. Total menjadi 25 orang,” kata Kepala SMA Warga, Purwoto.

PromosiSering Diburu, Burung Rentan Punah di Indonesia Paling Tinggi di Dunia

Ia  juga menyampaikan kabar baik bahwa satu guru dan satu murid sudah dinyatakan negatif. Satu guru merupakan pasien yang terkonfirmasi positif pertama. Sang guru yang sebelumnya berada di kamar isolasi, sudah dipindah ke ruang inap biasa. Sedangkan si murid yang negatif telah selesai menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Selain data terakhir, tadi juga ada hasil baru kalau guru pertama dan siswa negatif. Kondisinya juga membaik,” kata Purwoto.

Baca Juga: Positif Covid-19 SMA Warga Solo Bertambah 9 Orang, Tracing Diperluas

Sementara itu, tiga pasien positif menjalani isolasi di Asrma Haji Donohudan, Boyolali, dan 20 lainnya isoman di kediaman masing-masing. “Tiga yang di Donohudan, nanti satu atau dua hari lagi akan cek ulang. Mereka kan orang tanpa gejala [OTG] ya, jadi kondisi secara fisik enggak masalah. Kami dari sekolah terus memantau,” kata dia.

Saat ditanya mengenai varian Covid-19 di sekolahnya, Purwoto, mengaku belum ada informasi lebih lanjut. Saat ini pihaknya ingin fokus pada penanganan kondisi para siswa.

Sejak ditemukannya kasus positif Covid-19, SMA Warga mulai kembali menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sesuai dengan peraturan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-2019, PJJ dilakukan hingga 14 hari setelah kasus ditemukan. Setelah itu dilakukan evaluasi bersama.

Baca Juga: Muncul Klaster Covid-19 di SMA Warga, PTM Sekolah Solo Jalan Terus

Sembari menunggu hasil negatif, sekolah mulai melakukan pembersihan ruangan. Misalnya penyemprotan disinfektan di setiap ruangan. Selanjutnya, kasus klaster sekolah ini sudah ditangani Dinas Kesehatan maupun Dinas Pendidikan Solo.

Sejauh ini kendala pengendalian Covid-19 di lingkungan pendidikan, kata Purwoto, yakni soal pengawasan di luar sekolah. Oleh karena itu, ke depan mereka akan bekerja sama dengan para orang tua murid untuk mengontrol aktivitas putra dan putri mereka.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.

Antisipasi PMK, Pedagang Dan Peternak Sapi di Solo Diminta Lakukan Ini

Tim gabungan DKPP dan Polresta Solo memberikan sejumlah arahan kepada pedagang dan peternak kambing serta sapi untuk antisipasi wabah PMK.

Harga Tiket Bus di Terminal Wonogiri Mulai Turun, Jadi Berapa?

Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri mulai tampak normal dua pekan selepas Lebaran 1443 H/2022 M.

Pemegang HGB: Eks Pabrik Karung Goni Delanggu Klaten Tak Dijual

Hak guna bangunan (HGB) eks Pabrik Gula (PG) Delanggu yang pernah menjadi pabrik karung goni sejak tahun 2000 dipegang oleh seorang pengusaha asal Pekalongan.

Inilah Mustakim, Pesilat Klaten Hobi Ngarit yang Bikin Harum Bangsa

Khoirudin Mustakim, pesilat asal Klaten menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (16/5/2022).

Obati Kangen, Umat Buddha Solo Rayakan Waisak di Vihara Dhamma Sundara

Sekitar 80 orang umat Buddha mengobati kerinduan merayakan Hari Raya Waisak di Vihara Dhamma Sundara Solo setelah dua tahun vakum gegara pandemi Covid-19.

Gagal Raih Emas SEA Games, Ibunda Mustakim Pesilat Klaten Ikut Menangis

Khoirudin Mustakim, pesilat asal Klaten menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (16/5/2022).