Tutup Iklan

Klaster PTM Solo Meluas, 12 Siswa SMP Terpapar Covid-19

Klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM di Kota Solo meluas ke jenjang SMP, sebanyak 12 siswa dari 2 SMP terpapar Covid-19.

 Ilustrasi pelajar SMP. (Solopos/Whisnupaksa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMP. (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka atau PTM Kota Solo meluas ke jenjang SMP.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, mengungkapkan kasus Covid-19 klaster sekolah juga ditemukana di SMPN 8 dan SMPN 4. Perinciannya, SMPN 8 ada 11 siswa yang positif corona sedangkan SMPN 4 ada satu siswa yang positif.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes swab secara acak. “Ada tambahan dari SMPN 8 dan SMPN 4. Sementara sekolahnya ditutup dulu yang ada kasus, PTM-nya dihentikan dulu,” jelas Ahyani saat dihubungi Solopos.com melalui telepon, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Round Up Klaster Covid-19 PTM Solo, Pukulan Berat di Tengah Pelonggaran

Mengenai klaster PTM SD yang ditemukan sebelumnya, Ahyani mengatakan sejauh ini dari laporan belum ada tambahan jumlah sekolah. Namun ada tambahan jumlah kasus dari sekolah yang sebelumnya muncul klaster. Hanya, Ahyani mengaku tidak hafal betul angkanya.

Ahyani mengatakan dengan tambahan kasus ini, ia memandang perlunya tes swab acak diperluas dan dimasifkan, terutama di sekolah yang menggelar PTM. “Terutama sebenarnya khusus yang PTM ini. Yang namanya virus kan enggak bisa dibatasi kontaknya, ini kami fokus ke sekolah dulu,” ujarnya.

Baca Juga: Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Ditanya apakah dengan meluasnya klaster sekolah ini akan mempengaruhi pelonggaran di bidang pariwisata dan ekonomi, Ahyani menjawab tidak.

Menurutnya, mengenai pelonggaran di tempat wisata misalnya, yang tidak lagi membatasi usia pengunjung, itu sangat tergantung dari bagaimana orang tua menjaga anak-anak mereka.

Baca Juga: Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pada sisi lain, Ahyani mengatakan tes acak yang dilakukan di sekolah-sekolah terbukti efektif untuk mitigasi. Terutama mengingat anak-anak usia 12 tahun ke bawah yang belum mendapat vaksinasi Covid-19.

Ke depan, Ahyani menambahkan vaksinasi akan difokuskan pada anak-anak. Kalau perlu, penyuntikan dilakukan di sekolah agar lebih efektif. “Ya ini kemarin kan [vaksinasi] fokus untuk pemulihan dan itu sudah selesai, tapi yang sekolah malah telat, belum vaksin,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.

Keren, Desain Jembatan Unik Karya Mahasiswa UNS Solo Diwujudkan di Pati

Desain jembatan unik bikinan mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo dipakai untuk membangun jembatan di wilayah Kabupaten Pati.

Wonogiri Minta Perantau Tidak Mudik saat Libur Nataru

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menjelaskan sudah mengimbau para perantau melalui pengurus paguyuban perantau supaya tetap berada di wilayah masing-masing selama Nataru.