Klaster Penularan Covid-19 Muncul di 4 Kelurahan Kota Madiun
Sebuah botol kecil berlabel “vaksin” di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19. (Antara)

Solopos.com, MADIUN -- Klaster penularan baru virus corona atau Covid-19 muncul dari beberapa kelurahan Kota Madiun. Pada Minggu (20/12/2020), kasus konfirmasi positif corona bertambah 14 orang.

Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Subakri, mengatakan ada 14 warga yang terpapar virus corona pada Minggu. Mereka merupakan pasien yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya.

Klaster baru kelurahan Covid-19 muncul  antara lain dari Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo. Kemudian dari Kelurahan Mojorejo Kecamatan Taman, Kelurahan Manguharjo Kecamatan Manguharjo, dan Kelurahan Pandean Kecamatan Taman.

Catat! Ini KA Jarak Jauh Yang Berangkat Dari Solo Selama Libur Nataru

Pasien baru klaster penularan Covid-19 Kelurahan Madiun Lor, kata Bakri, ada tiga orang. Mereka terdiri atas seorang anak laki-laki berusia 14 tahun, remaja laki-laki berusia 18 tahun, dan seorang perempuan berusia 41 tahun.

“Ketiganya ini merupakan kontak erat kasus konfirmasi nomor 261,” kata Subakri.

Sebagai kontak erat, ketiga pasien ini menjalani tes swab dan hasilnya ternyata positif Covid-19. Saat ini, ketiganya menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari petugas.

Flyover Purwosari Belum Siap, Uji Coba Armada Baru BST Solo Koridor 2 Lewat Manahan

“Ada juga satu pasien dari Kelurahan Madiun Lor berinisial TN, seorang perempuan berusia 34 tahun. TN ini kontak erat pasien konfirmasi nomor 260,” ujarnya.

Untuk klaster penularan Covid-19 dari Kelurahan Mojorejo, Madiun, ada dua orang. Mereka yakni seorang anak perempuan berusia 6 tahun dan seorang perempuan berusia 44 tahun. Keduanya ini merupakan kontak erat dari pasien nomor 264.

Kontak Erat

“Saat ini, kedua pasien menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan petugas,” ujarnya.

Hati-Hati Warga Wonogiri! Ada Potensi Bencana Tanah Gerak dan Gelombang Tinggi Pantai Selatan

Klaster penularan Covid-19 Kelurahan Manguharjo, Madiun, ada empat kasus. Mereka terdiri atas seorang perempuan berusia 56 tahun, seorang pria berusia 69 tahun, seorang pria berusia 39 tahun, dan seorang perempuan berusia 44 tahun.

Keempat orang ini merupakan kontak erat kasus konfirmasi positif nomor 267. Saat ini keempat pasien ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Klaster penularan Kelurahan Pandean ada empat orang yakni seorang remaja perempuan berusia 18 tahun, seorang perempuan berusia 21 tahun. Lalu seorang perempuan berusia 51 tahun, dan seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun.

Rumah Isolasi RS UNS Dibuka Januari 2021, Khusus untuk 100 Warga Sukoharjo

Keempat pasien dari klaster penularan Covid-19 Kelurahan Pandean, Madiun, ini merupakan kontak erat kasus konfirmasi nomor 270. “Sebelumnya, pasien ini sempat mengeluhkan gejala nyeri dada, anosmia, dan batuk pilek. Sehingga ditetapkan sebagai pasien suspek,” jelasnya.

Dengan adanya tambahan 14 pasien ini, kumulatif jumlah kasus positif Covid-19 Kota Madiun mencapai 299 orang. Perinciannya, 240 orang sembuh dan 18 orang orang. Sedangkan pasien positif aktif yang menjalani isolasi ada 41 orang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom