SOLOPOS.COM - Spiker Jakarta Elektrik PLN Odina Zayniddinovna (kanan) melancarkan smes diadang dua pemain Jakarta BIN pada pertandingan lanjutan Proliga 2023 putaran kedua di GOR Tri Dharma Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023). (Antara/HO-Humas Proliga)

Solopos.com, GRESIK – Jakarta BIN menjadi pemuncak klasemen sementara tim putri Proliga 2023 putaran kedua setelah pertandingan hari pertama.

Jakarta BIN secara dramatis mengalahkan Jakarta Eletrik PLN pada pertandingan pembuka Proliga 2023 putara kedua di GOR Tri Darma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Jakarta BIN menang dengan skor 3-2 (17-25, 25-18, 24-26, 25-20, 17-15).

Hasil ini membuat Jakarta Elektrik PLN belum sekalipun meraih kemenangan dari enam laga yang sudah dijalani sejak putaran pertama hingga awal putaran kedua Proliga 2023. Posisi tim asuhan pelatih Ziya Rajabov itu pun masih terpuruk di dasar klasemen.

Sementara itu, Jakarta BIN naik satu tingkat ke peringkat ketiga dengan poin 9, menggeser Gresik Petrokimia. Langkah Ratri Wulandari dan kawan-kawan menuju babak empat besar semakin terbuka lebar.

“Syukur alhamdulillah hari ini bisa menang, meskipun dengan perjuangan berat karena lawan juga bermain solid,” kata Asisten Pelatih Jakarta BIN, Alam Hadi Kosasih, seusai pertandingan dikutip Antara.

Kapten tim Jakarta BIN, Ratri Wulandari, menambahkan meskipun berhasil merebut kemenangan, tetapi permainan timnya masih belum terlalu maksimal, terutama soal receive (penerimaan bola servis).

“Itu (receive) berpengaruh banget ke permainan, tapi secara keseluruhan progresnya makin bagus,” kata pemain tim nasional bola voli Indonesia itu.

Pada laga seri pertama putaran kedua Proliga 2023 di Gresik ini, Jakarta BIN menurunkan pemain asing baru asal Brasil Fernanda Tome yang menggantikan Jin Ye asal China.

“Tome baru datang hari Senin (30/1/2022), wajar kalau mainnya belum maksimal dan belum padu karena masih perlu adaptasi. Tapi, secara keseluruhan kontribusinya kepada tim sudah lumayan bagus,” tambah Alam.

Sementara itu, Asisten Pelatih Jakarta Elektrik PLN, Maman Suparman, mengatakan timnya masih kurang beruntung dan gagal merebut kemenangan perdana, meskipun kesempatan itu sebenarnya terbuka lebar.

“Pertahanan kita agak longgar, apalagi pemain lokal banyak yang masih junior, mentalnya masih perlu diasah lagi. Tosser kami juga agak kurang jeli mengatur strategi sehingga serangan mudah dibaca lawan,” katanya.

Pada laga pembuka putaran kedua Proliga 2023 yang digelar di Gresik ini, Jakarta Elektrik lebih banyak bertumpu pada dua spiker asingnya Katerina Zidkova dan Odina Zayniddinovna dalam menyerang, meskipun tidak jarang smes keduanya terhadang blok lawan.

Maman mengakui kekalahan keenam beruntun ini bakal makin sulit mengangkat mental para pemain untuk menghadapi laga berikutnya. “Seandainya putaran pertama bisa menang sekali saja, mungkin mental anak-anak tidak drop benar,” imbuhnya.

klasemen sementara Proliga 2023 Gresik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya