SOLOPOS.COM - General Manager Tiga Serangkai, Mas Admuawan. (detik.com)

Solopos.com, SOLO -- Buku berisi soal yang menyebut "Ganjar tidak pernah bersyukur dan tidak pernah salat" viral. Tiga Serangkai selaku penerbit memberikan klarifikasinya terkait kabar tersebut.

General Manager Tiga Serangkai, Mas Admuawan, mengatakan nama Ganjar dalam buku tersebut tak ada kaitannya dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ia mengatakan soal tersebut pertama kali ditulis pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas 3 SD terbitan tahun 2009. Saat itu nama Ganjar tidak dikenal seperti sekarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Sebetulnya itu cetakan pertama kita tahun 2009. Waktu itu kan Pak Ganjar Pranowo belum menjadi public figure seperti sekarang. Jadi nama Ganjar ini tidak berkaitan dengan Gubernur Jawa Tengah," kata Admuawan, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Viral Soal Ganjar Tidak Bersyukur di Buku Pelajaran, Ini Kata Ganjar Pranowo

Dia mengakui soal tersebut kemudian terus dicetak pada setiap cetakan hingga 2020. Hal itu disebabkan tidak adanya perubahan kurikulum yang signifikan.

"Karena tidak ada perubahan kurikulum yang signifikan pada pelajaran agama, kita tidak melakukan revisi. Jadi soal itu selalu terbit pada cetakan selanjutnya. Nah, yang diviralkan itu terbitan 2020," ujar dia.

Admuawan juga menyayangkan adanya kabar viral yang menghubungkan kasus tersebut dengan intoleransi. Bahkan kabar viral sampai mengarahkan pada tindakan radikalisme. "Kami tegaskan itu tidak ada hubungannya. Perusahaan kami menjunjung tinggi toleransi. Karyawan kami tidak semuanya muslim. Penulis kami tidak semuanya muslim. Berbagai buku kami terbitkan, bukan hanya tokoh muslim," kata dia.

Dengan adanya kabar miring tersebut, Tiga Serangkai merasa dirugikan. Namun pihaknya belum berencana melakukan langkah hukum.

Baca juga: Waspada Lur! Penipuan Bermodus Rayuan di Medsos Merajalela di Solo

"Tentu ini sangat merugikan, terutama nama baik perusahaan kami. Kalau untuk jalur hukum, kami belum berpikir ke sana, yang penting ini kembali netral dulu saja," katanya.

Detail Soal

Adapun kabar viral itu salah satunya diunggah akun twitter @eko_kun*****. Terdapat dua foto dalam unggahan tersebut.

ganjar tidak bersyukur
Soal di buku pelajaran yang menyebut Ganjar tidak pernah bersyukur dan salat. (Istimewa/Detik.com)

Foto pertama yaitu soal nomor 9 yang berbunyi:
Walaupun mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur dengan menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha. Pak Ganjar termasuk orang yang
a. beruntung
b. beriman
c. rugi
d. sukses

Kemudian soal berikutnya yang juga bernomor 9 berbunyi:
Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur. Sebagai orang Islam, ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang
a. beruntung
b. beriman
c. bangkrut
d. rugi

Baca juga: Jokowi Bebaskan Wartawan dari Pajak Penghasilan sampai Juni 2021

Netizen berspekulasi hal itu ada hubungannya dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, karena sebelumnya juga sempat ramai soal yang menyebut nama Anies dan Mega.

Saat dimintai tanggapan, Ganjar mengatakan dirinya juga sempat kaget. Namun, menurutnya, perlu ada klarifikasi lebih jauh terkait soal tersebut.

"Buku dari Tiga Serangkai itu, ya? Saya sih nanti biar dicek temen-temen untuk klarifikasi dulu saja siapa yang nulis, benar tidak, motifnya apa. Biar tidak jadi keributan," kata Ganjar usai acara hari Pers Nasional di Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Selasa (9/2/2021).

"Nggak tahu ya (kalau dihubungkan dengan politik)," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya