Klaim Punya Bukti Kepemilikan, Mangkunegaran Solo Kukuh Gugat Revitalisasi Eks PG Colomadu

Rabu, 28 Maret 2018 - 17:35 WIB Penulis: Irawan Sapto Adhi Jibi Solopos Editor: Suharsih | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Tim Penataan Aset Mangkunegaran (PAM) memberikan keterangan pers terkait revitalisasi PG Colomadu di Café Tiga Tjeret, Solo, Minggu (25/3/2018) sore. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos

Mangkunegaran Solo berkukuh tetap menggugat pihak-pihak yang terkait dengan revitalisasi eks PG Colomadu.

Solopos.com, SOLO — Tim Penataan Aset Mangkunegaran (PAM) Solo berkukuh akan tetap menggugat hukum pihak-pihak yang terlibat dalam penyertifikatan hak guna bangunan (HGB) dan revitalisasi bekas Pabrik Gula (PG) Colomadu, Karanganyar.

Pejabat Humas Tim PAM, Didik Wahyudiono, menilai Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX (Persero), Iryanto Hutagaol, tidak memahami hukum pertanahan dan mengabaikan sejarah kepemilikan tanah beserta bangunan PG Colomadu di Karanganyar. Dia menyampaikan hal itu setelah mendapati Iryanto berkomentar revitalisasi PG Colomadu yang kini diberi nama De Tjolomadoe sah berdasarkan peraturan hukum yang berlaku.

“Direktur PTPN IX sangat mengabaikan hak-hak Mangkunegaran sebagai pemilik awal [PG Colomadu],” kata Didik kepada Solopos.com, Rabu (28/3/2018).

Didik menyatakan proses penyertifikatan tanah dan bangunan PG Colomadu tidaklah sah karena Mangkunegaran baik K.G.P.A.A. Mangkunagoro VIII maupun K.G.P.A.A. Mangkunagoro IX tak pernah mengeluarkan palilah (izin) melepas PG Colomadu kepada pihak mana pun. Dia mempersilakan Direktur Utama PTPN IX bekomentar revitaliasi PG Colomadu sudah sesuai peraturan yang mendasari kepemilikan dan proses sertifikasi HGB dengan pemegang hak PTPN IX.

Baca juga:

Didik menuturkan sah atau tidaknya penyertifikatan PG Colomadu tersebut akan dibuktikan di pengadilan. “Nanti kan diuji di pengadilan, sah atau tidaknya proses penyertifikatan dan peralihan hak dari pemilik lama Mangkunegaran yang juga secara resmi diakui Dirut PTPN IX,” jelas Didik.

Disinggung soal hukum pertanahan yang bisa menguatkan PG Colomadu masih dalam penguasaan Mangkunegaran, Didik enggan menjelaskan. Dia menyebut hal itu akan disampaikan secara lengkap nanti di pengadilan.

Tim PAM kini masih mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk melakukan langkah hukum. Menurut Didik, Tim PAM kini masih mengantongi bukti-bukti kepemilikan PG Colomadu, yakni dokumen sejarah kepemilikan, catatan administrasi pengelolaan, hingga peta Domain Mangkunegaran (DMN).

“Kalau opini terkait kepemilikan PG Colomadu tersebut diembuskan terus-menerus oleh Dirut PTPN IX, Tim PAM segera meneruskan langkah hukum,” terang Didik.

Penanggung Jawab Tim PAM, Djaka Susanto, mengatakan Tim PAM akan melakukan gugatan hukum terhadap Menteri BUMN dan direksi PTPN IX karena tak pernah melibatkan Mangkunegaran dalam agenda revitalisasi PG Colomadu. Bahkan dalam pemberian nama De Tjolomadoe terhadap PG Colomadu saja, kata dia, Mangkunegaran tak diajak berembuk.

Tim PAM menilai hal tersebut salah. Djaka menyebut sudah semestinya Mangkunegaran dilibatkan dalam agenda revitasliasi PG Colomadu mengingat PG Colomadu adalah milik Mangkunegaran.

“Ditambah lagi, Mangkunegaran tak pernah mengeluarkan palilah untuk melepas PG Colomadu kepada pihak mana pun. Dengan begitu sertifikat tanah yang dikeluarkan BPN atas kepemilikan lahan PG Colomadu oleh PTPN IX pada 2014 tidak sah. Palilah adalah dasar bagi BPN untuk mengeluarkan sertifikat,” jelas Djaka.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE foto Meriahkan HUT RI, Pecinta Ontel Tampil Nyentrik Susuri Jalan di Jakarta 8 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Seru! Lomba Mewarnai & Fashion Show Anak di Sragen, Biar Tambah PD 10 menit yang lalu

HEADLINE bisnis Kunjungi Pasar di Surabaya, Mendag Janji Turunkan Harga Telur & Terigu 17 menit yang lalu

HEADLINE jatim Terbanyak untuk Honor Panitia, Anggaran Pilkada Gunungkidul Rp73 Miliar 19 menit yang lalu

HEADLINE sport Jadwal Liga 1 Hari Ini, Persis Solo Kembali ke Stadion Manahan 21 menit yang lalu

HEADLINE entertainment Profil Ariel Tatum, Lawan Main Nicholas Saputra di Sayap-Sayap Patah 39 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Begini Cara Tukang Pungut Sampah di Sragen Peringati HUT ke-77 RI 46 menit yang lalu

HEADLINE foto Jamnas Pramuka 2022 Dibuka di Buperta Cibubur, Diikuti 11.000 Peserta 46 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Tak Cuma Penjual, Pembeli Lahan Bong Mojo Solo juga Bisa Dijerat Pidana 46 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Harga Tepung Terigu di Wonogiri Tembus Rp265.000 per Sak, Penyebabnya? 53 menit yang lalu

HEADLINE bisnis Pajak Balik Nama Mobil dan Motor Bekas akan Dihapus? Ini Penjelasannya 57 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Kloter Terakhir Tiba di Debarkasi Haji Solo, 1 Orang Masih Tertahan 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Gulma Tumbuh Subur di WGM Wonogiri, Ini Dampaknya 1 jam yang lalu

HEADLINE news Bohong Dilecehkan, Putri Istri Ferdy Sambo Ikut Pembunuhan Brigadir J? 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Begini Kemeriahan Siswa SMPN 2 Sambirejo Sragen Peringati HUT ke-77 RI 1 jam yang lalu