SOLOPOS.COM - Penyerahan secara simbolis klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Cabang Surakarta bekerja sama dengan BNI Solo di Kantor BNI UNS, Rabu (24/6/2020). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- Pengajuan klaim jaminan hari tua atau JHT meningkat tajam. Saat ini pengajuan klaim mencapai 170-an per hari.

Untuk mengantisipasi membeludaknya pengajuan klaim, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Cabang Surakarta menggandeng BNI untuk pencairan JHT. Ada dua kantor cabang yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengajukan klaim JHT, yakni BNI UNS dan BNI Kartasura.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Klaim JHT melonjak bersamaan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak pandemi Covid-19. BP Jamsostes Cabang Surakarta mencatat ada kenaikan klaim sebanyak 58 persen pada Juni 2020 dibandingkan Mei 2020.

Rekor Terlama di Sragen! 82 Hari Dirawat, Pasien Covid-19 Asal Kedungupit Sembuh

Kepala BP Jamsostek Cabang Surakarta, Rudy Yunarto, mengatakan sebelumnya BP Jamsostek menyediakan tiga kanal yang bisa diakses para peserta untuk mengajukan klaim.

Layanan ini disediakan agar masyarakat dipermudah mengurus klaim JHT di masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak negatif bagi dunia usaha sehingga banyak pemberi kerja yang terpaksa harus melakukan PHK tenaga kerja mereka.

Pemohon Rapid Test Mandiri di Sukoharjo Didominasi Pekerja, Berapa Biayanya?

3 Kanal Pengajuan Klaim JHT

“BP Jamsostek menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat digunakan oleh peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik [Lapak Asik] yang terdiri dari kanal online, offline, dan kolektif. Terkait offline ini mengingat banyaknya yang mengajukan, maka kami tambah dengan melalui BNI. Di Soloraya, lokasi pengajuan dan pencairan klaim di BNI UNS dan BNI Kartasura,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (24/6/2020).

Rudy menjelaskan layanan offline di kantor BP Jamsostek Cabang Surakarta kini melayani pengajuan klaim sebanyak 174 per hari. Agar tidak terjadi antrean dan demi menerapkan pembatasan jarak, peserta bisa mengajukan klaim melalui BNI yang ditunjuk.

Lagi Dibui, Zumi Zola Digugat Cerai Istri

Sementara itu, Pemimpin BNI Kantor Cabang Solo, Agus Triyono, mengatakan BNI sudah bekerja sama dengan BP Jamsostek sejak dua tahun lalu dalam hal pembayaran iuran JHT.

BNI tinggal melanjutkan dengan membantu masyarakat mengajukan dan mencairkan klaim JHT.

“Ini termasuk service point office [SPO]. Ada dua outlet yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengajukan klaim JHT, yakni BNI UNS dan BNI Kartasura. Jadi, masyarakat tidak perlu semua ke kantor BP Jamsostek,” paparnya.

Bocah Weru Tersesat di Solo Ternyata Gegara Ditinggal Teman Saat Gowes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya