Klaim Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan Sukoharjo Rp3,1 Miliar

Santunan jaminan kematian senilai Rp42 juta yang terdiri atas santunan kematian, santunan berkala selama 24 bulan, dan biaya pemakaman.

 Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen (keempat dari kiri) menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris saat kegiatan sosialisasi jaminan sosial ketenagakerjaan di Gedung PGRI Sukoharjo, Selasa (24/5/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen (keempat dari kiri) menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris saat kegiatan sosialisasi jaminan sosial ketenagakerjaan di Gedung PGRI Sukoharjo, Selasa (24/5/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sukoharjo mencatat total klaim jaminan kematian hingga 24 Mei sebanyak 69 kasus senilai kurang lebih Rp3,168 miliar.

Santunan jaminan kematian senilai Rp42 juta yang terdiri atas santunan kematian, santunan berkala selama 24 bulan, dan biaya pemakaman.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Sukoharjo, Anggoro Ari Nurcahyo, di sela-sela kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Gedung PGRI Sukoharjo, Selasa (24/5/2022).

Acara itu dihadiri anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen dan ratusan pekerja sektor informal yang tersebar di Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan jaminan kematian kepada dua ahli waris di Desa Purbayan, Kecamatan Baki dan Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Bagi 80 Paket Sembako Kepada Serikat Buruh Sragen

“Apabila tenaga kerja peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia bakal mendapatkan santunan Rp42 juta untuk ahli waris yang ditinggalkan. Ini untuk menjaga kelangsungan hidup keluarga pekerja yang meninggal dunia,” kata Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Sukoharjo, Anggoro Ari Nurcahyo, Selasa sore.

Sementara klaim jaminan kecelakaan kerja sebanyak 18 kasus senilai kurang lebih Rp364 juta.

Jaminan kecelakaan kerja diberikan kepada peserta aktif atas beragam risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja.

Termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya.

Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian merupakan perlindungan dasar yang didapat para pekerja sektor informal setelah membauar iuran setiap bulan.

Baca Juga: Pekerja Informal Diajak Ikut BPJS Ketenagakerjaan, Iuran Rp16.800/Bulan

“Kami terus mendorong agar para pekerja sektor informal ikut program jaminan sosial ketenagakerjaan. Mereka merupakan kelompok pekerja bukan penerima upah [BPU] yang bisa mendapatkan perlindungan jika terjadi kecelakaan kerja,” ujar dia.

Para pekerja sektor informal menghadapi risiko kecelakaan kerja saat beraktivitas sehari-hari.

Dengan mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan, warga tak perlu khawatir saat mengalami kecelakaan kerja. Biaya pengobatan sampai dengan sembuh ditanggung BPJS Ketenagakerjaan.

Pria akrab disapa Ari itu menyampaikan total jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan baik pekerja formal maupun informal di Kabupaten Jamu sebanyak 106.944 orang.

“Kami terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo. Terlebih, sudah ada payung hukum berupa Perbup No 92/2021 yang mengatur tentang jaminan sosial ketenagakerjaan,” papar dia.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar Cairkan Klaim JHT Rp38,5 M Di 2021

Anggota Komisi IX DPR RI, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil mengatakan program jaminan sosial tenaga kerja diatur dalam perundang-undangan.

Perusahaan wajib mendaftarkan karyawan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Begitu pula, para pekerja sektor informal didorong agar ikut program jaminan sosial tenaga kerja.

Mereka mendapatkan perlindungan saat mengalami kecelakaan kerja yang membutuhkan dana besar jika harus dirawat intensif di rumah sakit.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

+ PLUS Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Berita Terkini

Hoaks! Malam Ini Solo Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina

Kabar tentang Kota Solo menjadi salah satu lokasi yang wajib menerapkan pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina beredar di grup WhatsApp ternyata hoaks.

Hamil, Siapa Ayah Bayi Remaja Wonogiri yang Hilang Setahun Lalu?

Ayah bayi dalam kandungan remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu masih menjadi misteri.

Hendak Jemput Bos ke Tawangmangu, Mobil Suzuki Xover Nyungsep di Parit

Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di jalan menikung dan menanjak Jl Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya Keprabon, Desa Karangpandan, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar pada Kamis (30/6/2022).

4.310 Rumah di Wonogiri Belum Punya Instalasi Listrik Sendiri, Gantol?

Sebanyak 4.310 rumah di Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah belum memiliki instalasi listrik sendiri sehingga masih menumpang ke rumah tetangga.

Lah! Air Sungai di Karangdowo Klaten Mendadak Berbusa, Banyak Ikan Mati

Sungai di wilayah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak berbusa sehingga menyebabkan banyak ikan mati.

Cemas & Depresi, Kondisi Remaja Wonogiri yang Sempat Hilang 1 Tahun

P2TP2A Wonogiri menyebut kondisi remaja perempuan asal Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun lalu, MD, 17, tertekan secara psikis, seperti cemas, depresi, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Pasar Jamu Nguter di Nguter, Sukoharjo, sejak lama menjadi pusat penjualan beragam jenis jamu dan empon-empon baik serbuk, cair, dan kemasan.

Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Grab OVO meluncurkan layanan drive thru untuk pembayaran beberapa pelayanan publik seperti PBB, pajak kendaraan dan tagihan PDAM di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Sejumlah pedagang Pasar Jongke Solo mengaku belum tahu rencana Pemkot menggabungkan pasar tersebut dengan Pasar Kabangan pada revitalisasi mendatang.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Banyak Berawan

BMKG merilis prakiraan cuaca sragen hari ini bakal berawan sepanjang hari tanpa hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Cerah Berawan

Hujan sudah mulai jarang turun. Prakiraan cuaca karanganyar hari ini akan tanpa hujan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Kamis 30 Juni 2022: Dominan Berawan

Prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari ini Kamis (30/6/2022) tersaji lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo 30 Juni: Panas Lur, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Kamis (30/6/2022), akan panas pada siang hari dengan suhu mencapai 33 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Kamis 30 Juni 2022: Hari Ini Cerah Berawan

Berikut ini prakiraan cuaca untuk wilayah Sukoharjo sepanjang hari Kamis (30/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi-Siang

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.