Klaim BPJS Ketenagakerjaan Diprediksi Membengkak hingga Rp40,6 Triliun

Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek memproyeksikan klaim jaminan sampai dengan akhir tahun ini akan membengkak dari perkiraan awal.

 Counter pelayanan offline di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Cabang Surakarta yang menerapkan pembatasan jarak di masa pandemi Covid-19, Selasa (16/6/2020). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

SOLOPOS.COM - Counter pelayanan offline di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Cabang Surakarta yang menerapkan pembatasan jarak di masa pandemi Covid-19, Selasa (16/6/2020). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, JAKARTA — Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek memproyeksikan klaim jaminan sampai dengan akhir tahun ini akan membengkak dari perkiraan awal.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Anggoro Eko Cahyo mengungkapkan, sampai dengan Agustus 2021, realisasi klaim jaminan telah mencapai Rp26,14 triliun. Realisasi ini telah melebihi estimasi pada Agustus 2021 yang diperkirakan hanya mencapai Rp23,26 triliun.

“Kami melihat untuk klaim ini prognosa kami melebihi estimasi semula besarnya klaim 2021. Hal ini disebabkan dengan banyaknya pengangguran dan yang keluar dari pekerjaan, maka klaim JHT [Jaminan Hari Tua] meningkat,” ujar Anggoro dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR, Rabu (15/9/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Menteri PPPA Prihatin Tayangan TV Belum Ramah Anak

Klaim Jaminan Kematian Meningkat

Selain itu, dampak pandemi Covid-19 juga menyebabkan klaim jaminan kematian meningkat. Realisasi klaim sampai dengan akhir tahun pun diperkirakan akan berada pada angka Rp40,61 triliun.

Angka tersebut jauh di atas dari target 2021 yang ditetapkan semula, yakni sebesar Rp34,89 triliun. Jumlah tersebut juga melonjak dari tahun-tahun sebelumnya, seperti pada 2018 realisasi klaim sebesar Rp27,6 triliun, 2019 sebesar Rp29,72 triliun, dan pada 2020 sebesar Rp36,45 triliun.

Sementara itu, dari sisi kepesertaan diproyeksikan akan berada di bawah target hingga akhir tahun ini yang ditetapkan sebesar 33,67 juta orang. Realisasi kepesertaan aktif hingga akhir tahun diperkirakan hanya mencapai 30,5 juta orang.

Baca Juga: Dukung PON XX Papua, PLN Gelontorkan Rp313 Miliar

Anggoro menuturkan, tidak tercapainya target tersebut disebabkan adanya dampak gelombang kedua kasus Covid-19 pada tahun ini. Kepesertaan baru sebetulnya terus bertambah sebesar 11,4 juta orang sampai dengan Agustus 2021, tetapi jumlah peserta yang keluar juga cukup tinggi akibat meningkatnya pengangguran dan berhenti bekerja sebagai dampak Covid-19.

“Dilihat dari Desember 2020 sebesar 29,98 juta dan sampai Agustus 2021 29,2 juta, masih turun. Padahal angka peserta baru terus nambah. Namun, kami optimistis dari angka mulai bergerak sejak Maret, Juni, Agustus, bisa di angka 30,5 juta akhir tahun ini,” katanya.

Namun demikian, Anggoro menyebut bahwa realisasi iuran masih berjalan sesuai target. Realisasi iuran sampai dengan Agustus 2021 telah mencapai Rp50,32 triliun atau 65,7 persen dari target tahun ini yang ditetapkan sebesar Rp76,58 triliun. “Sampai akhir tahun prognosa kami iuran masih sesuai target yang ditetapkan,” imbuhnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Beredar Rumor Garuda Indonesia akan Dipailitkan, Ini Respons Manajemen

Perbaikan situasi ini menjadi momentum penting dalam langkah-langkah perbaikan kinerja Garuda saat ini hingga ke depannya akan terus dioptimalkan secara bertahap dan terukur.

Penumpang Pesawat Tetap Harus Tes PCR Meski Sudah Vaksin 2 Kali

Perubahan aturan perjalanan dengan pesawat itu tertuang dalam Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3-1 di Wilayah Jawa dan Bali.

Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat, Minggu Paling Ramai

Tren kenaikan volume penumpang KRL pada Oktober juga dipengaruhi oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Yogyakarta dan Solo.

Jokowi : Kepala Daerah Jangan Latah! Harus Fokus pada Produk Unggulan

Presiden Jokowi berharap agar pasar dalam negeri Indonesia jangan sampai direbut oleh produk-produk negara lain.

Solo-Jakarta & Jogja-Jakarta PP Bisa Naik Bus Damri, Ini Tarifnya

Selama masa pandemi Covid-19, perusahaan mengimbau agar pelanggan menerapkan metode cashless yakni dengan pemesanan tiket Damri secara online.

Ultah Perak, Charles & Keith Rilis Koleksi dari Bahan Daur Ulang

Memperingati ulang tahun perak, Charles and Keith meluncurkan koleksi limited edition The Anniversary Series dari bahan daur ulang.

Ganti Kartu ATM BCA Lama ke Chip Sebelum Diblokir, Begini Caranya

Selain mendukung kebijakan BI, seperti dikutip dari laman bca.co.id, kartu debit berteknologi chip diklaim lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu.

Mahfud MD Tegaskan Korban Pinjol Ilegal Jangan Bayar

Jika mengacu pada aspek hukum perdata yang juga menjadi sikap pemerintah, kegiatan pinjol ilegal dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga bisa dinyatakan batal atau dibatalkan.

Berantas Pinjol Ilegal, Kemenkominfo Gandeng Google dan Apple

Guna memberantas pinjol ilegal yang kian meresahkan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Google dan Apple.

Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

Bermula dari mendirikan Amazon pada 1994 di garasinya di Seattle, Amerika Serikat, Jeff Bezos terus meraih sukses melalui investasi serta strategi yang dilakukannya selama ini.

Lagi Naik Nih! Simak Harga Emas Antam Rabu, 20 Oktober 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Rabu (20/10/2021) mengalami kenaikan dibandingkan harga sebelumnya.

BPH Migas Tegaskan Solar Bersubsidi Hanya untuk Kendaraan Ini

BPH Migas) menerbitkan surat relaksasi distribusi solar bersubsidi untuk mengatasi kekurangan kuota pasca-penurunan level PPKM.

PPKM Turun Level di Banyak Daerah, Pertamina Jamin Stok Solar Aman

PT Pertamina menjamin stok solar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pemulihan kegiatan ekonomi seusai penurunan level PPKM di banyak daerah.

Superbike dan MotoGP Diharapkan Dorong Bisnis Properti di Mandalika

Jika dikaitkan dengan perhelatan World Superbike 2021 dan MotoGP 2022, sebetulnya ini akan menambah eksposur atau awareness terhadap lokasi tersebut.

Atasi Kelangkaan BBM Bersubsidi, Pertamina Tindak 91 SPBU Nakal

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga memberikan sanksi kepada 91 lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia.

Tak Kompak! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 19 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Selasa (19/10/2021) tercatat bertolak belakang untuk cetakan Antam dan UBS.