SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Klaim Sandiaga Uno bahwa pembangunan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) dibangun tanpa utang dikecam oleh kubu Jokowi-Ma’ruf Amin. Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menyebut cawapres nomor urut 02 itu sudah berbohong.

Ace menyebut klaim itu sebagai bohong perdana Sandiaga di awal 2019. “Awal tahun 2019, Cawapres Sandiaga Uno sudah berani bicara bohong. Dia mengatakan bahwa proyek pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, dibangun tanpa utang sama sekali,” kata Ace melalui keterangan resmi, Rabu (2/1/2019) dilansir Suara.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data yang diperoleh Ace, pembangunan Tol Cipali sejatinya dibiayai oleh 22 sindikat perbankan dan keuangan yang memasok Rp8,8 triliun bagi PT Lintas Marga Sedaya. Dalam proyek itu, lanjut Ace, PT Saratoga yang sahamnya dimiliki Sandiaga diketahui terlibat bersama perusahaan patungan dengan negara Malaysia.

Adapun, kata Ace, dalam sindikasi itu, Bank Central Asia (BCA) dan Bank DKI menjadi kreditor terbesar sehingga menjadi pemimpin sindikasi tersebut. BCA mengucurkan Rp 3,3 triliun, sementara Bank DKI mengucurkan Rp 2,06 triliun.

“Apakah kucuran dana dari perbankan itu bukan utang?,” kata politikus Parti Golkar tersebut.

Menurut Ace, skema seperti itu biasa dalam pembangunan infrastruktur yang dikenal dengan Public Private Partnership (PPP). Model seperti itu dalam pembangunan infrastruktur sudah dijalankan di era pemerintahan Presdien Joko Widodo (Jokowi).

“Hal tersebut berlaku hampir semua proyek jalan Tol di Jawa, tidak dengan utang pemerintah tapi dengan skema seperti ini. Sekali lagi ini menunjukan Sandi tidak punya data,” pungkasnya.

“Ini sandiwara Sandi yang kasetnya diputar terus-menerus,” kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya