SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang mengikuti kegiatan KKN di Desa Kemiriombo, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) menggagas berdirinya desa wisata di desa tersebut.

Ide pembentukan desa wisata itu disampaikan dalam sebuah acara focus group discussion (FGD) mengenai pengembangan konsep rintisan desa wisata batik di Desa Kemiriombo, Rabu (14/8/2019).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

FGD tersebut dihadiri perwakilan dari organisasi serta komunitas di Desa Kemiriombo yang terkait dengan potensi wisata tersebut. Turut hadir memberikan materi mengenai desa wisata perwakilan dari Dinas Pariwisata Temanggung, Kepala Desa Kemiriombo dan Kepala Kecamatan Gemawang.

Kepala Desa Kemiriombo, Runtung Sudarno, mengatakan Desa  Kemiriombo sangat kaya akan potensi wisata, mulai dari wisata alam Curug Bandung, kesenian batik Begawan, sanggar tari, hingga kuliner kopi. Potensi ini menjadi salah satu kekuatan pariwisata di Desa Kemiriombo.

“Saya berharap melalui FGD ini warga Desa Kemiriombo dapat membentuk komitmen untuk mewujudkan desa wisata dan memberikan dukungan penuh untuk pengembangan desa ke arah yang lebih baik,” ujar Kades Kemiriombo dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Minggu (18/8/2019).

Kegiatan ini juga memberikan motivasi dan semangat kepada warga untuk dapat bersinergi bersama demi mewujudkan desa wisata batik di Desa Kemiriombo. Melalui diskusi ini pula diharapkan perancangan desa wisata batik dapat berlanjut dengan diadakannya kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya desa wisata batik.

Koordinator KKN Desa Kemiriombo, Andhyka Taufiqurrahman, mengatakan  pelaksanaan FGD  ini  didukung pula dengan pembuatan master plan oleh mahasiswa KKN TIM II Undip 2019.

Master plan ini sebagai panduan serta acuan dalam pengembangan konsep desa wisata,” ujar Andhyka.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya