KKN Rampung, UNS Solo Tarik 2.969 Mahasiswa dari Berbagai Daerah

 Logo UNS (Dok/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Logo UNS (Dok/JIBI/Solopos)

Program KKN mahasiswa UNS Solo telah selesai.

Solopos.com, SOLO — Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode Juli-Agustus 2017 telah selesai. Penarikan secara simbolis para mahasiswa peserta Program KKN tersebut oleh pihak UNS dilaksanakan di Desa Ngawen, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DIY, Selasa (22/8/2017).

Menurut catatan, Unit Pengelola KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNS Solo memberangkatkan 2.969 mahasiswa dan 135 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke daerah sasaran program yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Selasa (11/7/2017) lalu.

Cakupan wilayah KKN UNS pada periode VII ini meliputi 26 kabupaten di Jawa, 10 provinsi di luar Jawa yakni Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Tengah, Maluku Utara, Gorontalo, dan Bali.

Jumlah mahasiswa yang KKN di Pulau Jawa sebanyak 2.488 orang yang tersebar di 26 kabupaten, 57 kecamatan dan 250 desa, sedangkan penempatan KKN di luar Pulau Jawa sejumlah 483 orang yang tersebar di 27 lokasi. Periode ini juga UNS menerima kontingen dari Universitas Khirun yakni Universitas negeri di Provinsi Maluku Utara, yakni di Ternate sejumlah 7 mahasiswa.

Ketua LPPM UNS, Sulistyo Saputro, mengemukakan, pelaksanaan KKN di Kabupaten Gunung Kidul dilaksanakan di 2 kecamatan yakni Kecamatan Semin sebanyak 10 desa dan Kecamatan Ngawen sebanyak  6 desa.

Total lokasi yang digunakan sebagai wilayah KKN sebanyak 16 desa dengan jumlah peserta KKN sebanyak 152 mahasiswa dari berbagai fakultas dengan dibimbing 8 DPL. Ada 2 tema utama dalam pelaksanaan KKN di Gunung Kidul, yakni Peningkatan Produksi Pertanian dan Peternakan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

“Menurut laporan, potensi yang ditemukan di Semin dan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul adalah pertanian dan peternakan, kerajinan, dan pariwisata,” ungkap Sulistyo menjelang keberangkatan ke Kabupaten Gunung Kidul, Selasa.

Sementara itu, Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS, Darsono, berharap program yang saat ini sudah terlaksana melalui Program KKN UNS tidak berjalan sekali saja, melainkan bisa berkelanjutan sehingga benar-benar akan menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat di setiap daerah yang telah menjadi sasaran Program KKN tersebut.

“Harapan kami, capaian atau keberhasilan saat ini agar bisa dilaporkan pada periode Program KKN berikutnya supaya ke depan bisa dilanjutkan dan tidak memulai dari awal lagi, agar bisa dikembangkan lebih jauh ke depan,” tandas Darsono.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sidang Perdana Kasus Nasabah Gugat Bank Mandiri Di PN Kudus

Gugatan nasabah terhadap PT Bank Mandiri Kantor Cabang (Kancab) Kudus terkait dugaan pembobolan rekening mulai digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kudus.

Art Klat: Pameran Karya Seni 3 Dimensi dari Barang Bekas di Klaten

Pameran itu digelar untuk memperingati Sumpah Pemuda

RS PKU Muhammadiyah Sragen Bangun Gedung Bertingkat Agar Naik Tipe

Direksi RS PKU Muhammadiyah Sragen berkomitmen menaikkan kelas RS dari tipe D menjadi tipe C. Salah satunya dengan membangun gedung bertingkat untuk meningkatkan pelayanan.

Tumbuh Bunga Bangkai, Rumah Ketua RT di Ceper Klaten Didatangi Warga

Warga setempat sering mengerubungi rumah milik Sakirman, 60, lantaran penasaran dengan bunga bangkai yang sering memunculkan bau tak sedap.

Kasus Turun, RS di Sragen Tetap Wajib Sediakan 10% Bed untuk Covid-19

Semua RS di Sragen masih harus menyediakan bed untuk pasien Covid-19 untuk mengantisipasi ledakan kasus Covid-19 gelombang ketiga di akhir tahun.

10 Jabatan Tinggi Pemkot Solo Dilelang, Pejabat Luar Daerah Boleh Ikut

Sepuluh jabatan eselon II Pemkot Solo dilelang dan bisa diikuti pejabat eselon III seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Stadion Manahan Jadi Tuan Rumah Lagi, Kaesang: Sama Saja Tetap Naik Bus

PT. Liga Indonesia Baru (PT LIB) resmi menunjuk kembali Stadion Manahan Solo sebagai tuan rumah Grup C Liga 2.

Teks atau Isi Sumpah Pemuda dan Sejarahnya 28 Oktober 1928

Berikut ini terdapat isi atau teks Sumpah Pemuda beserta sejarah singkatnya pada 28 Oktober 1928.

Aplikasi Signal Milik Korlantas Hilang dari Playstore, Ini Sebabnya

hilangnya aplikasi Signal dari Playstore bukan karena adanya sabotase pihak tertentu tetapi dimatikan sementara oleh Google.

Disebut Liburan Pakai Fasilitas Kantor, Ini Tanggapan Dirut Garuda

Dirut Garuda Indonesia enggan menanggapi isu yang dilontarkan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) yang menyebut dirinya berlibur menggunakan fasilitas kantor.

BBM Satu Harga, Begini Foto-Foto Penyaluran BBM ke Pelosok di Sulsel

Pengiriman bisa mencapai satu minggu lebih disaat hujan deras untuk menjangkau SPBU

Berapa UMK Solo 2022? Berikut UMK di Soloraya 10 Tahun Terakhir

Diprediksi persentase kenaikan upah minimum pada 2022 berpotensi lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

3 Bulan Rintis Bisnis, Mahasiswa Malah Terjerat Pinjol Ilegal Rp19 Juta

Untuk menutupi utang dari pinjol ilegal itu ia meminjam di tempat pinjol lainnya hingga mencapai 14 aplikasi dengan total pinjaman mencapai Rp19 juta.

Hore! BLT Subsidi Gaji Cair Lagi, Cek di Sini Siapa Tahu Namamu Masuk

BSU atau BLT subsidi gaji upah kembali cair untuk 1,7 juta penerima. Untuk mengeceknya kamu bisa melihatnya di sini!

Misha Radovic Kok Belum Dampingi Persis Solo, Ini Jawaban Kaesang

Persis Solo resmi menggunakan jasa pelatih asal Serbia, Misha Radovic sebagai Direktur Teknik Persis Solo setelah diumumkan pada pekan lalu.

Hii, Ada Makam Misterius di Trotoar Jalan Solo Baru Sukoharjo

Makam misterius di trotoar jalan utama Solo Baru dekat bundaran Patung Bung Karno, Tanjung Anom, Sukoharjo, terlihat masih terawat.