SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Kecamatan Danurejan menerapkan pemberdayaan berwirausaha untuk mengurangi kemiskinan di daerah ini. Tahun ini jumlah KK miskin di Danurejan diklaim turun hingga 10% dibanding tahun lalu.

Sekretaris Camat Danurejan, Rajwan Taufik kepada Harian Jogja, Sabtu (4/1) menyatakan, sejak setahun terakhir Pemerintah Kecamatan menerapkan strategi pemberdayaan kewirausahaan untuk warga miskin lewat Tim Penanggulangan Kemiskinan yang dibentuk di kelurahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim inilah yang bertugas menganalisa kemiskinan dan potensi yang dapat dikembangkan. Sebagai proyek percontohan, kecamatan memilih kampung Tegal Kemuning di Kelurahan Tegal Panggung sebagai objek pemberdayaan.

“Tim analisis terdiri dari unsur pemerintah kelurahan dan tokoh masyarakat,” jelasnya.

Tim menganalisa potensi di kampung Tegal Kemuning. Di sana menurutnya, terdapat potensi usaha kuliner yang telah dirintis sejumlah Kepala Keluarga (KK). Khusunya pembuatan makanan seperti jajanan pasar.

Potensi inilah yang dapat ditularkan ke masyarakat miskin sekitar. Tim Penanggulangan Kemiskinan lanjutnya, bakal memberikan pelatihan dan pendampingan usaha produksi jajanan pasar termasuk pemasaran.

“Semuanya didampingi tim. Untuk pelatihan sampai pemasaran dibantu. Ada yang dipasarkan ke  pasar-pasar di Lempuyangan, Kricak,” ujarnya.

Strategi penting lainnya menurut Rajwan, adalah keterampilan wirausaha yang diterapkan ke masyarakat dengan sistem getok tular. Masyarakat atau tetangga yang belum berhasil diarahkan untuk meniru mereka yang telah berhasil.

Hasilnya kini, dari sebelumnya hanya 10 KK yang menggeluti produksi jajanan pasar kini di kampung tersebut sudah ada 40 KK atau bertambah sebanyak 30 KK. (HARIAN JOGJA/ Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya