KIT Batang Fase I Sold Out, Pabrik-Pabrik Mulai Beroperasi 2024

Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang fase I sudah beroperasi dan sold out. Sejumlah investor mulai membanguj pabrik di lahan seluas 450 hektare.

 Marketing Gallery Grand Batang City  di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Marketing Gallery Grand Batang City  di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, BATANG — Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang fase I seluas 450 hektare kini sudah selesai dibangun dan sold out. Sejumlah investor sudah mulai mendirikan pabrik yang direncanakan mulai beroperasi pada 2024.

Kini pengembangan KIT Batang terfokus pada fase II dengan luas 1.000 hektare. Pemerintah menjamin kebutuhan energi untuk mendukung operasional KIT Batang.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Demikian yang disampaikan Director of Operations & Engineering PT KIT Batang, Adler Manarissan Siahaan, kepada Tim Ekspedisi Energi 2022 Solopos Media Group (SMG) ketika di temui di KIT Batang, Rabu (22/6/2022) siang.

“Kami tengah persiapan fase dua 1.000 hektare berupa pematangan lahan. Sebagai kawasan industri yang konsepnya avantgarde. Betul-betul kami siapkan segala sesuatunya termasuk pemenuhan tenaga kerja akan mengimbangi infrastruktur di Kawasan Industri Terpadu Batang,” katanya.

Baca Juga: Kondisi Membaik, Penjualan Energi Listrik PJB Tahun Lalu Meningkat

Sebagai informasi, Ekspedisi Energi 2022 digelar SMG selama empat hari mulai Senin (20/6/2022). Ekspedisi ini memotret pemanfaatan energi baru terbarukan dan invoasi energi.

KIT Batang
Mobil Tim Ekspedisi Energi 2022 Solopos Media Group (SMG) melintasi pintu masuk Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Ekspedisi Energi 2022 ini didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas Jabanusa, dan Dinas ESDM Jawa Tengah.

Lebih lanjut Adler mengatakan sejumlah perusahaan asal Korea Selatan mulai melakukan pembangunan konstruksi. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi perusahaan pada fase satu yang mulai beroperasi 2024.

“Pemenuhan energi kami proses persiapan energi terbarukan maupun energi fosil. Kami siapkan sesuai kebutuhan. Fase pertama ini mungkin kebutuhan energi belum ada tahun ini namun 2024 baru. Gas kami tarik dari Semarang-Batang,” ungkapnya.

Baca Juga: Sragen dan Karanganyar Bakal Punya Energi Gas Rawa Akhir Tahun Ini

Rusun

Berdasarkan pantauan Solopos.com di KIT Batang yang memiliki luas 4.300 hektare tersebut, infrastruktur jalan telah dibangun. Ada 10 rumah susun yang disediakan bagi para pekerja pelaksana proyek. Selain itu ada tempat pengolahan limbah terpadu dan reservoir.

Edler menambahkan, kuntungan bagi investor di KIT Batang antara lain konektivitas. KIT Batang dilalui Jalan Tol Trans Jawa yang membelah kawasan, ada jalur kereta api, dan dermaga yang akan dibangun.

KIT Batang memiliki kontur elevasi yang baik dengan lokasi di ketinggian 25 sampai 30 meter dari permukaan laut.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Jateng, Sujarwanto, mengatakan pemerintah memastikan pemenuhan energi untuk kebutuhan industri cukup melalui energi konvensional maupun energi hijau.

Baca Juga: Pertashop Menjamur, Masih Ada Peluang? Ini Kata Pertamina

Pemerintah mulai membangun konstruksi perpipaan untuk memenuhi kebutuhan energi industri di KIT Batang dan Kawasan Ekonomi Khusus Kendal.

Ekspedisi Energi 2022

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Weleh! Pemprov Jateng Terima Banyak Aduan Jalan Rusak

Pemprov Jateng membenarkan menerima banyak aduan dari masyarakat terkait penanganan jalan rusak di wilayahnya.

Selamat! 83 Difabel Lolos UM-PTKIN 2022

Sebanyak 83 penyandang disabilitas atau difabel berhasil lolos dalam tes ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri atau UM-PTKIN 2022.

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Rapat Paripurna, DPRD Jateng Setujui Perubahan BUMD PD CMJT

Rapat Paripurna DPRD Jateng yang digelar Kamis (30/6/2022) menyetujui perubahan bentuk hukum BUMD Jateng PD CMJT menjadi PT Jateng Argo Berdikari.

Bupati Akan Lantik Pejabat di Lingkungan Pemkab Grobogan Hasil Tes

Sesuai jadwal Bupati Grobogan Sri Sumarni akan melantik sejumlah pejabat untuk posisi jabatan pemimpin tertinggi pada Jumat (1/7/2022).

Mantan Direktur BPR BKK Karanganyar Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Dua mantan Direktur PD BPR BKK Karanganyar dituntut hukuman 7,5 tahun penjara atas dugaan korupsi penyaluran kredit.

Brrr! Embun Upas Mulai Muncul di Dieng, Tanda-Tanda Musim Kemarau

Fenomena embun upas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), telah muncul yang menandakan dimulainya musim kemarau.

Astaghfirullah! 5.182 Balita di Batang Alami Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), menyebut ada sekitar 5.182 balita di wilayahnya yang mengalami stunting.

Pengumuman PPDB SMP Kota Semarang 2022 Dini Hari Nanti, Ini Linknya

Pengumuman penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP negeri di Kota Semarang akan dilakukan secara online mulai dini hari nanti atau Jumat (30/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.