SOLOPOS.COM - MENUNGGU BANTUAN -- Para pengungsi Somalia menunggu pembagian jatah pangan dari kelompok bersenjata Al Shabaab di wilayah Lower Shabelle, 50 km selatan Ibukota Mogadishu, beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/ Reuters)

MENUNGGU BANTUAN -- Para pengungsi Somalia menunggu pembagian jatah pangan dari kelompok bersenjata Al Shabaab di wilayah Lower Shabelle, 50 km selatan Ibukota Mogadishu, beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/ Reuters)

Bandung (Solopos.com)-Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia (KISS) akan mengirim sebanyak 100.000 paket kornet Superqurban ke Somalia. Gerakan ini ditujukan untuk membantu warga Somalia yang tengah dilanda bencana kelaparan akibat kekeringan dan perang antarsuku yang tidak kunjung usai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebagai umat muslim adalah wajib untuk membantu saudara yang berada dalam kesulitan. Apalagi kondisi masyarakat di Somalia sudah memprihatinkan. Jumlah anak yang menderita gizi buruk akut pun sudah sangat banyak,” ungkap Ketua Panitia, Muhammad Noor Yahya, dalam peluncuran KISS Bandung di Car Free Day:CFD Dago, Bandung, Minggu (16/10/2011). KISS merupakan gabungan gerakan dari beberapa organisasi, di antaranya Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), DPU DT, Mizan Amanah, dan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia).

Dalam gerakan penyediaan bahan pangan untuk Somalia tersebut, Rumah Zakat akan mendistribusikan 100.000 paket kornet yang diharapkan dapat menjadi asupan gizi bagi masyarakat di Somalia. Selain paket kornet, KISS juga akan mengirimkan bantuan berupa obat-obatan, tenaga medis, dan air minum. “Kami sadar bantuan ini sifatnya hanya sementara karena sesungguhnya bencana yang menimpa Somalia tidak jauh dari masalah politik negara tersebut,” lanjut Yahya.

Sementara itu, bantuan paket kornet juga tidak hanya didistribusikan ke Somalia saja. Untuk membantu masyarakat kurang mampu, terutama yang berada di wilayah rawan pangan dan bencana, Rumah Zakat Regional Jawa Barat telah menyalurkan lebih dari 180.000 paket superqurban untuk wilayah kota dan kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, dan Cirebon. “Superqurban dapat membuat daging qurban memiliki manfaat yang lebih lama, sehingga bisa didistribusikan lebih luas sepanjang tahun 2011 ini,” kata Ketua Panitia Superqurban dari Rumah Zakat, Asep Nurdin.

Asep menuturkan, pada Juni 2011, sebanyak 200 paket Superqurban telah disalurkan pada korban kebakaran di wilayah Lengkong Kota Bandung. Pada Maret lalu, 1028 paket ornet juga telah disalurkan bagi korban banjir di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Tidak hanya di Jawa Barat, lanjut Asep, awal Oktober lalu paket kornet juga didistribusikan ke Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dalam sebuah ekspedisi kemanusiaan. Sebanyak 14.000 paket kornet Superqurban dibagikan pada warga yang sehari-harinya kesulitan untuk mendapatkan makanan.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya