SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR – Macan kembali menyerang hewan kambing milik warga di lereng Gunung Lawu. Enam dari tujuh ekor kambing milik Sayem, warga Dukuh Gondang RT 002/RW 006, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, mati diterkam macan pada Kamis (22/11/2018) sekitar pukul 23.30 WIB.

Sayem yang dijumpai , Jumat (23/11/2018), di rumahnya mengaku secara langsung melihat macan sedang menerkam salah seekor kambingnya sembari menggigit leher. Menurut Sayem, macan membanting ke kiri, kanan, dan ke atas hingga kambingnya tidak berdaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat melihat kejadian itu, Sayem bermaksud mengambil kayu untuk menghalau macan. Tetapi saat kembali membawa kayu, macan sudah melarikan diri. Lima dari enam ekor kambingnya mati. Satu ekor kambing sekarat.

Sayem mengaku melihat macan tutul. Dia menggambarkan kulit macan bentol-bentol atau totol-totol. Selain itu ukuran tubuhnya terlihat besar saat menerkam kambing. Tetapi begitu macan itu melompat di antara celah tembok, ungkap diam tubuh macan itu tampak ramping.

Sayem menceritakan macan masuk lewat celah tembok pada kandang. Di dekat celah tembok itu ada seekor sapi. Tetapi macan tidak menyerang sapi. Macan hanya menerkam kambing.

Kondisi kambing yg diterkam macan tidak banyak luka. Menurut Sayem, macan hanya menyerang leher kambing. Macan hanya menggingit leher dan tidak memangsa bagian tubuh lain dari kambing-kambingnya.

Niku dicokot gulune, trus diobat abitke. Kulo wani-wani ajrih. Kulo bengok-bengok. ‘Halah yung… tulungono’. Trus piyantun niku mriki [Itu digigit lehernya, lalu digoyang-goyang. Saya ketakutan. Saya berteriak minta tolong,” ujar dia sembari menangis

Warga berinisiatif menyembelih kambing sekarat. Selain itu warga mengganti kambing yang sekarat Rp400.000 untuk Sayem. Hingga berita ini ditulis, Sayem mengaku masih sedih dan enggan makan. Rencananya, kambing itu akan diberikan kepada anak dan cucunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya