SOLOPOS.COM - Ikan langka dari masa mesozoikum tertangkap pemancing di Miami (wtsp.com)

Solopos.com, Miami — Seorang pemancing asal Amerika Serikat Mark Quartiano dikejutkan setelah menangkap binatang langka yang diperkirakan telah ada sejak era Mesozoikum di lepas pantai Miami, Amerika Serikat.

Mesozoikum merupakan zaman yang terjadi sekitar 251 juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Zaman Mesozoikum ditandai dengan aktivitas tektonik, perubahan ekstrem iklim di Bumi, dan evolusi makhluk hidup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Iklim hangat yang terjadi di sepanjang periode ini memegang peranan penting bagi evolusi dan diversifikasi jenis hewan baru. Pada akhir zaman inilah dasar-dasar kehidupan modern mulai terbentuk.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Selasa (26/11/2013), makhluk purba yang ditemukan di lepas pantai Miami ini memiliki panjang 14 meter dari ekor hingga kepalanya. Makhluk ini tergolong sebagai Clarkii dactylobatus atau Hookskate. Hookskate merupakan makhluk yang jarang ditemukan karena kecenderungannya hidup di dasar laut berlumpur 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Paling tidak foto ikan tersebut sudah cukup membuat Anda tercengang. Sosok ikan yang terlihat sangat besar tersebut memang membuat penangkapnya butuh perjuangan ketika hendak mengambil ke permukaan air.

Quartino dibantu dengan kru  TV Jepang  yang saat itu sedang memancing bersamanya membutuhkan waktu selama kurang lebih 4 jam untuk mengangkat makhluk raksasa tersebut. Ia dan beberapa kru menyempatkan mengambil foto sebelum akhirnya melepaskannya kembali ke laut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya