SOLOPOS.COM - Transgender India meryakan keputusan MA India yang mengakui jenis kelamin ketiga. (Msnbc.com)

Solopos.com, NEW DELHI – Bagi sebagian orang transgender atau waria di India tak lagi harus mengategorikan diri mereka sebagai salah satu dari jenis kelamin laki-laki atau perempuan dalam berbagai dokumen resmi mereka. Hal itu berlaku setelah Makamah Agung (MA) India memutuskan bahwa transgender menjadi jenis kelamin ketiga setelah laki-laki dan perempuan.

Keputusan tersebut disambut sangat antusias oleh ratusan ribu orang transgender di India karena kini mereka mengidentifikasi diri mereka pada jenis kelamin ketiga tersebut. Keputusan ini juga langsung mendapat apresiasi dari kelompok hak asasi manusia India sebagai sejarah baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Adalah hak setiap manusia untuk memilih jenis kelamin mereka,” demikian hasil putusan dari pengadilan tersebut.

Dilansir Msnbc, Selasa (15/4/2014), pengadilan tinggi India telah memerintahkan pemerintah untuk mengalokasikan pekerjaan pada sektor publik bagi kaum transgender. Alokasi tersebut mereka kenal dengan istilah hijra, program itu juga sebagai langkah baru yang akan diberikan oleh pemerintah untuk memasukkan mereka dalam program-program kesejahteraan.

Putusan pengadilan ini diambil menyusul permohonan yang diajukan oleh kelompok transgender yang berpendapat kelompok mereka lebih terpinggirkan secara ekonomi dan sosial. Dengan alasan itulah, mereka mendesak pada pemerintah untuk memberikan mereka pengakuan secara formal.

“Waria juga warga India. Semangat konstitusi adalah untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk tumbuh dan mencapai potensi mereka terlepas dari kasta, agama atau jenis kelamin,” kata mereka di pengadilan.

Pemerintah India akan melegalkan jenis kelamin ketiga di akta kelahiran, paspor, izin mengemudi serta beberapa dokumen lainnya. Pemerintah India juga akan mempertimbangkan transgender segera mengisi kuota pekerjaan dan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya