SOLOPOS.COM - Ritual panggil hujan di Meksiko (Istimewa)

Kisah unik ritual memanggil hujan di Meksiko ini terbilang tak lazim.

Solopos.com, GUERRERO – Ritual unik untuk mendatangkan hujan digelar warga Nahua, Guerrero, Meksiko. Perempuan Nahua terbiasa bergulat hingga berdarah-darah untuk memohon hujan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ritual adu jotos di Nahua ini harus berakhir hingga peserta berdarah-darah. Nantinya, darah peserta akan dikumpulkan dalam ember dan dipakai untuk menyirami perkebunan.

Darah tersebut dipercaya dapat menyuburkan buah dan sayuran serta untu memohon hujan. Ritual ini biasanya selalu diselenggarakan Mei.

Ritual dimulai dengan membawa berbagai macam makanan ke tempat adu jotos tersebut. Ketika semua orang telah datang, para wanita mulai mencari lawan yang seimbang untuk ditantang. Biasanya, wanita yang lebih tua menantang yang lebih muda untuk masuk arena pertempuran.

Wanita-wanita itu tak peduli dengan kemenangan. Yang mereka pedulikan hanyalah darah yang harus dikumpulkan.

“Ritual ini berasal dari masa panen jagung zaman dulu,” ujar Prof. David Delgado dari ChapingoUniversity yang telah belajar 12 tahun tentang tradisi perayaan panen.

“Orang-orang di sini membentuk tiga kelompok masyarakat dan jika salah satu dari mereka mengusik ladang kelompok lain, mereka akan berkelahi. Karena itu, mereka percaya jika Dewa Tlaloc (suku Aztec) mengambil hujan darinya,” lanjutnya seperti dilansir Huffington Post, mengutip Vice Magazine, Senin (29/6/2015).

“Dua dari kelompok itu akhirnya membuat kontes siapa yang bisa mengambil hujan kembali dari Tlaloc,” lanjut Prof. David.

“Jadi, mereka naik ke bukit namun kembali berkelahi. Dan perkelahian itu dipertahankan hingga sekarang. Mereka percaya, tiap tetes darah adalah tetesan air dan tradisi ini terus berlanjut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya