SOLOPOS.COM - Bayi raksasa di China (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SHANWEI – Kisah unik datang dari China. Seorang perempuan asal China berhasil melahirkan seorang bayi raksasa di sebuah rumah sakit di Shanwei, China. Kehadiran bayi yang berbobot 7,2 kg tersebut sempat membuat ahli medis yang membentu proses kelahirannya sangat tercengang.

Bobotnya yang tak biasa itulah yang membuat para staf medis menjuluki bayi tersebut dengan sebutan Xiao Pang yang berarti bayi kecil yang gendut. Menurut catatan sejarah, bayi terbesar yang lahir di China adalah seberat 6,8 kg, ini berarti bayi ini merupakan bayi terbesar di negara tersebut.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Dilansir Daily Mail, Kamis (13/2/2014), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet tahun lalu, jumlah kasus bayi besar yang juga dikenal sebagai makrosomia memang meningkat di kedua negara berkembang seperti China dan Aljazair serta negara-negara barat lainnya.

Studi ini juga menemukan, negara-negara maju juga mengalami peningkatan sebesar 15 hingga 25% dalam kasus bayi besar. Di Aljazair, 30% ibu mengalami obesitas, di mana jumlah bayi yang baru lahir juga mengalami kelebihan berat badan. Kasus ini telah mengalami peningkatan hingga 15 persen di negara tersebut.

Penelitian ini juga mengungkapkan adanya peningkatan hingga 6,9% dalam kasus ini di China jika dibandingkan dengan India yang hanya 0,5% angka memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Kelebihan berat badan yang semakin banyak terjadi belakangan ini disebabkan karena meningkatnya obesitas dan diet yang salah pada ibu. Kondisi ini merupakan suatu bahaya karena bisa menyebabkan distosia bahu dimana bahu bayi yang baru lahir terlalu besar saat melalui tulang panggul ibunya saat melahirkan.

Hingga sekarang, kelahiran bayi terbesar di dunia ditempati oleh seorang ibu asal Kanada, Anna Bates di tahun 1879. Ia melahirkan bayi raksasa seberat 10,4 kg, namun sang bayi meninggal dunia 11 jam setelah dilahirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya