SOLOPOS.COM - Warga Dusun Saminan RT 004/RW 001, Desa Canden, Kecamatan Sambi, Boyolali, menunjukkan bunga mirip bunga bangkai di salah satu kebun di dusun itu, Minggu (13/11/2016). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Kisah unik, tumbuhan mirip bunga bangkai tumbuh di pekarangan milik warga Sambi.

Solopos.com, BOYOLALI — Tumbuhan menyerupai bunga bangkai tumbuh di kebun Dusun Saminan RT 004/RW 001, Desa Canden, Kecamatan Sambi, Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bunga yang mekar begitu cepat membuat heboh warga setempat. Berdasarkan pantauan Solopos.com, bunga itu berwarna merah kecokelatan dengan diameter sekitar 30 sentimeter dan tinggi sekitar 50 sentimeter.

Selain kelopak, bunga itu juga memiliki bunga kuncup di atasnya berbentuk lonjong. “Bentuknya memang seperti bunga bangkai tapi yang ini tidak berbau, tidak ada bau menyengat seperti bangkai,” tutur salah satu warga Tugiyem, 46, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (13/11/2016).

Dia kaget dengan cepatnya bunga itu tumbuh. Bahkan dia menganggapnya sebagai bunga misterius. Kejadian ini baru kali pertama di wilayah itu.

Bunga itu tumbuh di antara beragam tanaman pangan yang kurang begitu terawat seperti pohon pepaya, pohon singkong, pohon talas, dan rumput-rumput liar. “Mungkin baru dua tiga hari ini tumbuh. Kemarin Sabtu [12/11/2016] kuncupnya masih sangat segar, tapi hari ini sudah mulai layu, kusut,” ujar dia.

Kehebohan warga tak lepas dari lokasi tumbuhnya bunga. Bunga itu tumbuh di kebun milik almarhum Mbah Somo, warga setempat yang dikenal sebagai orang pintar semasa hidupnya. Namun, warga tak bisa menjelaskan kaitan antara keduanya.

“Ya, sekarang sudah meninggal dunia. Dulu dia dikenal sebagai orang sakti. Sesepuh di dusun kami,” ujar warga lainnya, Muzayin, 55.

Dia pun penasaran dengan beredarnya informasi tumbuhnya bunga aneh di kebun milik almarhum Mbah Somo. Dia pun berbondong-bondong bersama warga lainnya datang melihat bunga tersebut. Sampai Minggu siang bunga tersebut masih mengundang penasaran banyak warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya