SOLOPOS.COM - Telepon milik Adolf Hitler (Dw.com)

Kisah unik tentang telepon pembunuh milik Adolf Hitler yang dilelang seharga Rp3,2 miliar.

Solopos.com, CHESAPEAKE – Sebuah telepon milik pemimpin partai Nazi Jerman, Adolf Hitler, selama Perang Dunia II berhasil dilelang senilai US$243.000 skitar Rp3,2 miliar. Telepon ini dilelang dengan harga tinggi lantaran kental dengan nilai sejarah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir BBC, Minggu (19/2/2017), telepon antik berwarna merah itu ditemukan dalam sebuah bunker di Berlin, Jerman, pada 1945, oleh seorang tentara Uni Soviet. Ia kemudian menyerahkan barang antik itu kepada bangsawan Inggris, Sir Ralph Rayner, sebagai cinderamata beberapa saat setelah Jerman menyerah.

Ekspedisi Mudik 2024

Telepon itu dilelang oleh rumah lelang Alexander Historical Auctions di Chesapeake, Virginia, Amerika Serikat. Sang pemilik rumah lelang, Bill Panagopulos, menyebut telepon antik itu sebagai senjata pemusnah massal. Sebab, telepon ini dipakai Hitler untuk memberi perintah pembunuhan kepada banyak orang.

Dilansir Telegraph, telepon antik itu dihiasi dengan ukiran nama Hitler dan simbol partai Nazi. Telepon itu memiliki beberapa fitur khusus yang membuatnya terlihat sangat mewah. Saat hendak dipakai, gagang telepon harus diputar sekitar 60 derajat agar dapat terangkat dari tempatnya.

Sampai saat ini, pihak rumah lelang belum mempublikasikan siapa penawar yang berhak mendapatkan telepon antik tersebut. Pasalnya, ia hanya menghubungi lewat telepon untuk menawar harga telepon tersebut. Pihak rumah lelang membuka harga mulai dari US$100.000 setara Rp1,3 miliar. Bukan hanya telepon, Bill turut melelang patung anjing Alsatian dari porselen. Patung tersebut berhasil dilepas dengan harga US$24.300 sekitar Rp324 juta. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya