SOLOPOS.COM - Murid-murid SD Benjamin Franklin setelah pemilu buatan (Facebook Benjamin Franklin Elementary School)

Kisah unik kali ini tentang pemilihan presiden di Amerika Serikat.

Solopos.com, NEW JERSEY – SD Benjamin Franklin di New Jersey, Amerika Serikat memiliki tradisi unik menjelang pemilu presiden. Sejak 1968, SD tersebut rutin menyelenggarakan pemilu buatan untuk murid-murid SD. Semenjak saat itu, pemilu buatan SD Benjamin Frnaklin selalu berhasil memprediksi calon presiden yang terpilih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami cukup bangga dengan hal ini. Kami melakukan tradisi pemilu buatan ini setiap empat tahun. Kami tidak bisa melewati pemili nasional, oleh karena itu kamijuga tidak akan melewatkan pemilu buatan ini. Setiap pemilu sejak terpilihnya Presien Nixon, kami selalu memilik prediksi yang tepat, ” ungkap Kepala Sekolah SD Benjamin Franklin, Patricia Moore, seperti dikutip CBS, Jumat (4/11/2016). Prediksi ini diambil dari hasil suara terbanyak pemilu buatan.

Tradisi unik ini diawali oleh guru ilmu pengetahuan sosial, Tom McAdams, kurang lebih 48 tahun lalu. Saat pertama kali diselenggarakan, pemilu buatan ini diikuti oleh murid kelas 3 hingga 6. Untuk sekarang, pemilu ini diikuti murid taman kanak-kanak hingga kelas 5.

Pemilu buatan dilakukan pada Rabu (2/11/2016), tepat satu pekan sebelum penyelenggaraan pemilu nasional. Murid-murid ini tidak langsung disuruh memilih saat hari pemilu buatan. Selama beberapa bulan sekolah mengadakan kelas debat.

Dalam kelas debat murid-murid diberi tahu dua calon presiden dengan sebutan Kandidat A dan Kandidat B. Fakta  tentang pencapaian dari dua kandidat akan didiskusikan. Setelah murid-murid sudah memutuskan kandidat idola mereka, baru nama dari kandidat diberitahukan pada murid dan pemilu buatan dimulai.

Diikuti kurang lebih 507 murid, pemilu buatan ini memenangkan Hillary Clinton. Calon dari Partai Demokrat itu mendapat 52% (277 suara) sedangkan Donald Trump mendapatkan 43% (230 suara).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya