SOLOPOS.COM - Riyadi, 35, warga Dusun Nglaran RT001/RW007, Desa Banyakprodo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri memamerkan kukunya yang mencapai 30 sentimeter, Kamis (13/8/2015). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Kisah unik dari dari pria asal Wonogiri yang memiliki kuku sepanjang 30 cm.

Solopos.com, SOLO – Riyadi, 35, warga Dusun Nglaran RT001/RW007, Desa Banyakprodo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, kesulitan menekan tombol handphone Nokia yang ada di tangan kirinya. Kuku yang melekat pada 10 jari tangannya itu menjadi penyebabnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia memiliki kuku sepanjang 25 sentimeter (cm) sampai 30 sentimeter. Kuku itu mulai dipanjangkan sejak 2005 sampai sekarang.

Tak mudah bagi dirinya untuk bisa memiliki kuku sepanjang itu. Banyak rintangan yang dirasakan selama memelihara kuku itu. Rintangan itu mulai dari sering dicemooh orang lain yang merasa jijik melihat kukunya panjangnya hingga kesulitan beraktivitas dengan kuku panjang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia pun pernah dibikin malu di hadapan banyak orang di acara hajatan di kampung. Dimana kuku panjangnya tiba-tiba patah dan masuk ke piring makanan. Kejadian itu tak membuatnya patah semangat untuk terus memanjangkan kukunya sampai sekarang.

“Saya dulunya pemain bola voli amatir di kampung. Namun, karena tangan kiri patah akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu,” ujar Riyadi saat ditemui di Griya Solopos, Kamis (13/8/2015).

Dia menjelaskan harus beristirahat selama 1,5 tahun untuk memulihkan kondisi tangannya yang patah.

Selama sakit kemudian bermimpi bertemu oleh seorang yang mengatakan dirinya akan sukses dengan kuku panjang.

“Saya memiliki tekat kuat memanjangkan kuku setelah mimpi itu. Dengan kuku panjang ini punya harapan besar masuk Muri [Museum Rekor Dunia Indonesia],” kata Riyadi.

Bapak satu anak itu mengaku kukunya pernah sepanjang 40 sentimeter. Kuku itu pernah patah sebanyak dua kali. Terakhir kuku itu patah pada tahun 2007 saat kecelakaan sepeda motor di Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri.

“Awal pertama memiliki kuku panjang kesulitan memakai celana panjang hingga jaket. Karena sudah terbiasa sekarang tidak masalah. Istri dan anak mendukung saya memiliki kuku panjang,” papar dia.

Suami dari Anik Yuliani itu mengaku setiap terkena panas matahari kuku panjangnya melengkung sendiri. Kemudian ketika musim dingin kuku panjang itu memanjang dengan sendirinya.

“Tidak ada perawatan khusus memelihara kuku panjang. Kalau kotor hanya dicuci dengan sabun Sunlight,” kata Riyadi yang bekerja sebagai makelar sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya