SOLOPOS.COM - He Peiqi memperlihatkan mozaik yang dibuatnya menggunakan ribuan uang kertas (Shanghaiist.com)

Kisah unik seoarang pria Tiongkok membuat mozaik dari ribuan uang kertas.

Solopos.com, CHONGQING – Seorang pria di Chongqing, Tiongkok, menjadi pemberitaan media massa setempat setelah melakukan hal unik. Pria bernama He Peiqi itu menciptakan sebuah mozaik dari 1.000 uang kertas asing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir Shanghaiist.com, Sabtu (20/6/2015), He Peiqi mulai membuat mozaik itu selama sebulan. Dia membuat mozaik itu karena ingin menandai musim panas ini dengan sebuah karya. Oleh karena itu dia mengumpulkan uang kertas dari mata uang asing untuk dijadikan sebuah karya seni.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebagian besar uang kertas yang digunakan adalah milik negara-negara Eropa dan Asia. Total uang yang digunakan mencapai 10.000 yuan [setara Rp21 juta],” ujar He Peiqi.

“Saya membeli uang-uang kertas itu dari para kolektor. Hampir enam bulan untuk mengumpulkanuang-uang kertas asing itu. Setelah itu, pembuatan mozaik dilakukan selama sebulan,” imbuh dia.

Setelah mozaik diterbitkan, sejumlah netizen mempertanyakan apakah mozaik yang terbuat dari uang kertas asing itu legal atau tidak. “Saya tidak akan melakukan hal-hal yang melawan hukum. Sebelum saya mulai, saya telah mempelajari peraturan yang terkait dengan karya yang akan saya buat. Hukum di Tiongkok hanya menyebutkan pembatasan penggunaan uang kertas Tiongkok bukan asing,” papar He Peiqi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya