SOLOPOS.COM - Ilustrasi evakuasi penumpang pesawat terbang (JIBI/Solopos/Antara/Ismar Patrizki)

Solopos.com, LONDON — Kisah unik ini terjadi di Inggris. Seorang penumpang yang tidak memiliki cukup pengalaman terbang mendaratkan sebuah pesawat ringan gara-gara pilot pesawat itu jatuh sakit saat menerbangkan pesawat yang mereka tumpangi. Ia berhasil mendaratkan pesawat terbang itu hanya dengan panduan instruktur di darat.

Pihak berwenang bandara Inggris sebagaimana dikutip Kantor Berita Reuters, Rabu (9/10/2013), mengungkapkan, insiden yang tak biasa itu terjadi saat dua orang berada di pesawat Cessna 172 dengan empat tempat duduk. Pilot pesawat itu mendadak sakit pada saat mereka kembali ke sebuah lapangan terbang kecil Sandtoft dekat Doncaster di Inggris timur laut, Selasa (8/10/2013) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah menerima pesan darurat minta bantuan, para pejabat mengalihkan pesawat itu ke Bandara Humberside yang lebih besar dan lokasinya berdekatan. Seorang instruktur penerbangan pun didatangkan dan keadaan darurat diberlakukan. Instruktur Roy Murray dibawa ke menara pengawas dan ia memberikan instruksi kepada penumpang itu, yang namanya hanya disebutkan sebagai John.

“Anda bisa membayangkan keadaannya gelap, pria ini hanya memiliki pengalaman menerbangkan pesawat sekitar setengah jam, ia tidak pernah mendaratkan pesawat, ia duduk di kursi yang salah — dengan kata lain ia tidak mengetahui apa pun tentang tombol-tombol di depannya dan ia harus mendaratkan benda ini,” kata juru bicara bandara itu.

Setelah terbang di atas bandara beberapa kali, penumpang itu akhirnya bisa membawa turun pesawat tersebut. “Pesawat itu tidak jatuh. Ia mendaratkannya dengan aman,” kata juru bicara itu.

Murray mengatakan, pria itu melakukan pendaratan yang indah. “Saya terus mengawasinya dan mengatakan terus tarik tuas, tarik tuas, tarik tuas, apa pun yang anda lihat, tarik tuas dan tetap tarik tuas, karena jika anda mendarat dengan roda hidung di bawah, anda bisa membuat roda hidung terlepas dan anda akan dapat banyak masalah,” katanya kepada BBC TV.

“Ia terus menarik tuas, melakukan seperti yang saya katakan kepadanya, sampai ia berhenti,” tambahnya. Polisi mengatakan, pemeriksaan resmi akan dilakukan untuk menentukan penyebab kematian pilot pesawat itu, yang namanya belum diungkapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya