SOLOPOS.COM - Ilustrasi ziarah ke makam (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Tahun 2014 adalah tahun politik, di tahun ini dijadwalkan pemilihan umum (pemilu) anggota legislatif, serta pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres). Seperti tahun-tahun politik sebelumnya, lokasi-lokasi yang dianggap tepat untuk ngalap berkah pun ramai pengunjung.

“Kebanyakan mereka datang pada malam hari.”

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Makam dan sendang menjadi favorit bagi para calon anggota legislatif (caleg) di Soloraya dalam menjalani ritual demi menduduki kursi wakil rakyat. Mereka percaya ritual tersebut bisa menambah berkah dan bisa memenangi Pemilu 2014.

Ekspedisi Mudik 2024

Di Sukoharjo, lokasi yang kerap dijadikan jujugan untuk minta berkah ada di Makam Balakan atau dikenal juga dengan Makam Ki Ageng Balak di Desa Mertan, Bendosari. Menurut Juru Kunci Makam Balakan Hery Purnomo, caleg yang datang ke Balakan didominasi caleg lokal.

Para caleg tersebut datang lalu berdoa supaya cita-cita mereka menjadi wakil rakyat terwujud. “Kebanyakan mereka datang pada malam hari. Mereka datang seperti pengunjung lainnya alias tidak sembunyi-sembunyi,” katanya.

Hery yang juga Kades Mertan tersebut menjelaskan makam Balakan sejatinya adalah makam dari Raden Sujana. Raden Sujana merupakan anak dari Prabu Brawijaya V, raja dari Kerajaan Majapahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya