SOLOPOS.COM - Peternak memberi makan ikan koki di Desa Loram Kulon, Jati, Kudus, Kamis (10/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Kisah unik mengenai ketentuan memelihara di Swiss.

Harianjogja.com, SWISS — Kebanyakan dari kita memelihara satu atau dua ekor hewan untuk rumah. Anak-anak biasanya memiliki lebih dari dua ekor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Mirror, Kamis (28/7/2016), sejumlah keluarga merasa senang saat memenangkan sebuah permainan dan mendapat hadiah seekor ikan mas koki. Mereka pun akan menempatkan ikan itu dalam mangkuk besar dan memberikan makan setiap hari sepulang sekolah.

Dibalik kegembiraan ini sebenarnya keluarga tersebut bersikap keji terhadap hewan tersebut. Meskipun ikan mas koki dikenal sebagai hewan yang memiliki ingatan buruk, tetapi hewan ini memiliki karakter kuat yang tidak banyak diketahui.

Menyadari hak-hak hewan, Swiss pun menerapkan aturan secara legal terutama untuk ikan mas koki. Sejak 2008, di negara ini ada larangan memelihara seekor ikan mas koki.

Mengapa? Karena ikan merupakan makhluk sosial. Di lautan mereka berenang secara berkelompok, sehingga menjadi masuk akal jika hewan ini dipelihara secara berpasangan.

Pemerintah Swiss menyatakan tindakan memisahkan ikan dengan kawanan ini keji. Adapun fakta ini tidak hanya terjadi pada ikan. Makhluk lain, seperti babi dan burung kesturi juga memiliki karakter yang sama dengan mereka.

Swiss bahkan memiliki perusahaan untuk memasangkan hewan peliharan. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi ada pasangan yang mati.

Techly.com mengatakan di negara ini pecinta anjing harus mengikuti kursus sebelum memiliki hewan tersebut. Bukan hanya mengetahui secara teori tetapi juga praktik.

Jika ingin memiliki seekor kucing, pemilik harus meletakan hewan itu diluar sehingga dapat bertemu dengan kucing lain. Bila ingin memelihara di dalam rumah, jumlah kucing yang dimiliki minimal dua ekor.

Sedang mencari seekor burung kakak tua di Swiss? Lupakan hal itu, lantaran memelihara seekor burung kakak tua dikategorikan sebagai bentuk penyiksaan. Kecuali Anda mendapatkan teman untuk burung itu berbicara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya