SOLOPOS.COM - Paus Right yang diklaim sangat langka ini terlihat di Samudera Atlantik. (Istimewa/Dailymail.co.uk)

Kisah unik datang dari Paus Right yang terekam di Samudera Atlantik.

Solopos.com, MASSACHUSETTS – Seekor Paus Right yang dikenal sangat langka muncul di Samudera Antlantik baru-baru ini. Paus Right disebut-sebut hampir punah lantaran menjadi perburuan utama pada Abad ke-19 dan 20.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini luar biasa dan sangat mengejutkan,” ujar ilmuwan senior dan ketua Peneliti Ekologi Paus Whale, Charles Mayo, seperti dilansir News.com.au, Selasa (15/3/2016).

“Paus Right mungkin sedang melakukan perjalanan untuk mencari makan sepanjang waktu. Ketika salah satu dari mereka menemukannya, maka ia akan memanggil teman-temannya,” ujar Kata ilmuwan dari New England Aquarium’s Right Whale Reasearch Project, Amy Knowlton.

Setiap paus memiliki tanda unik di kepalanya serta semburan khas berbentuk huruf V dari callosty atau lubang sembur. Hal itu membuat para peneliti menggunakannya untuk mengidentifikasi dan mencatatnya.

Paus Right menghabiskan sebagian besar waktunya di Atlantik Barat dan banyak yang meyakini bahwa mereka berkumpul di Teluk Maine. Beberapa perjalanan berbahaya menuju selatan hingga ke pesisir Florida dan Georgia, tempat biasanya paus betina melahirkan, tidak dilakukan terlalu sering.

Kehadiran mereka yang cukup sering di Teluk Cape Cod telah membuat ilmuwan terkejut. Mayo berpendapat hal itu terjadi karena pergeseran arus laut yang mungkin disebabkan karena perubahan iklim global. Akibatnya, membawa lebih banyak plankton ke teluk tersebut. Bahkan tempat Paus Right biasa menemukan makanan di lepas pantai Maine telah berkurang.

Paus Right Atlantik Utara telah diburu selama berabad-abad di Teluk Cape Cod. Akibatnya jumlah mereka terus menurun karena perburuan dan pemanfaatan minyak dan tulang dari hewan tersebut.

Namun akhir-akhir ini, mereka jarang terlihat di tempat itu. “Pada akhir 1990-an, kurang dari 30 paus terlihat setiap tahunnya,” ujar Mayo, yang telah meneliti Paus Right dan ekosistemnya sejak 1984.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya