SOLOPOS.COM - Joshua Mugo menggelar pernikahan dengan adat Jawa. (Istimewa/Youtube)

Kisah unik datang dari pria bernama Joshua Mugo yang memilik adat jawa untuk pernikahannya.

Solopos.com, NAIROBI – Seorang warga asli Kenya, Joshua Mugo, mencuri perhatian publik media sosial (netizen) Indonesia. Perkaranya, Joshua menggelar prosesi pernikahan menggunakan adat Jawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir CNN, Sabtu (12/11/2016), prosesi pernikahan dimulai dengan alunan gending Jawa Lancaran Kebo Giro. Sedangkan acaranya ditutup dengan tarian pernikahan asli Kenya.

Uniknya lagi, pernikahan ini juga menggabungkan adat Jawa dan kebudayaan Kenya. Jika acara dibuka dengan alunan gending, maka acara ditutup dengan tarian khas asli Kenya. 400 tamu undangan pun dihibur dengan musik indah hasil kolaborasi angklung dan lagu asli Kenya.

Musik dimainkan oleh grup angklung ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Nairobi. “Iringan gending ini seperti acara pernikahan di Indonesia,” kata Laili Fauziah, pengurus DWP KBRI Nairobi. Joshua Mugo juga sempat memainkan angklung yang ia pelajari di universitas Kenya.

“Ini pertama kalinya masyarakat Kenya melihat pernikahan dengan adat Indonesia, juga angklung,” kata Joshua. Pria yang jatuh cinta dengan budaya Indonesia itu bahkan memberikan 150 angklung Bandung sebagai suvenir.

Keinginan Joshua dan istrinya untuk memakai baju pengantin Indonesia ini bukanlah tanpa alasan. Joshua mengaku sangat cinta Indonesia, meskipun belum pernah sama sekali datang ke Indonesia.

Joshua Mugo pertama kali kenal Indonesia secara langsung saat belajar musik di universitas di Kenya. Di sana, dia belajar soal angklung di bawah bimbingan dosen asal Malang, Jawa Timur. Saat itu lah dia pun jatuh cinta dengan budaya Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya