SOLOPOS.COM - Gambar mobil tanpa sopir Google yang ditilang polisi. (Istimewa/Facebook)

Kisah unik datang dari mobil tanpa sopir bikinan Google yang terpaksa dihentikan polisi.

Solopos.com, NEW YORK — Mobil self-driving (tanpa sopir) dari Google menghadapi masalah serius di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS). Aparat kepolisian setempat menghentikan mobil ini lantaran dianggap mengemudi terlalu pelan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasus ini diceritakan akun Facebook, Zandr Milewski. Dia bahkan mengunggah gambar yang menunjukkan mobil itu disetop polisi.

Mobil-mobil Google saat ini berkeliaran di sekitar jalan umum di Austin, Texas dan di kota sekitar markas besar Google di Mountain View, California.

Menurut Milewski, ini bukan pertama kalinya ia melihat salah satu kendaraan otonom Google. “Ini Mountain View, hal-hal seperti ini ada dimana-mana,” katanya kepada Business Insider melalui Facebook Messenger, seperti dikutip Jumat (13/11/2015).

Terkait kejadian ini, pihak Google telah mengonfirmasinya lewat laman Google Self-Driving Car Project di Google Plus. Menurut Google, prototipe mobil tanpa sopir Google hanya dapat berkendara dengan kecepatan 25 MPH (miles/hour) atau sekitar 40 km/jam untuk alasan keamanan, dan agar mudah didekati saat mengemudi di jalanan umum.

Mobil ini juga memiliki kontrol manual, sehingga manusia bisa mengambil alih dan mengendarainya jika perlu. Mobil self-driving Google saati ini memang masih dalam tahap uji coba. Mobil ini telah diprogram untuk ekstra hati-hati saat di jalanan.

“Mobil-mobil ini mengemudi secara konservatif. Misalnya, mereka berhenti sebentar selama 1,5 detik setelah lampu berubah jadi hijau di persimpangan karena banyak kecelakaan terjadi selama ini,” kata Google.

Google menambahkan, sampai saat ini mobil otonom Google telah berjalan sejauh 1,2 juta mil, yang setara dengan 90 tahun pengalaman manusia mengemudi. “Kami bangga mengatakan bahwa kami tidak pernah ditilang!”, tulis Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya