SOLOPOS.COM - Patung Neb Senu bisa bergerak sendiri. Pergerakan itu terpantau kamera museum. (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO– Misteri patung Mesir berusia 4.000 tahun yang tertangkap kamera berputar tanpa alasan telah terungkap. Kurator Museum Manchester di Inggris sempat bingung dengan patung yang dibuat sekitar tahun 1.800 SM itu mulai bergerak tanpa alasan yang jelas.

Seperti dilansir News.com.au, Kamis (21/11/2013), misteri tersebut telah berhasil terkuak setelah salah satu program televisi di Inggris, Mystery Map menyelidiki peristiwa tersebut. Ahli getaran, Stene Gosling menemukan gerakan patung memang bertepatan dengan getaran lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Getaran adalah kombinasi dari berbagai sumber getaran sehingga ketika ada bus yang berjalan diluar dan adanya aktivitas pejalan kaki, semua dapat bergabung menjadi satu,”kata Gosling

Gosling juga menambahkan alasannya mengapa hanya patung mesir saja yang berputar, sedangkan patung yang lainnya tidak.

“Patung mesir ini memiliki basis cembung. Ada benjolan di bagian bawah yang membuatnya lebih rentan terhadap getaran. Sedangkan patung lainnya memiliki dasar yang datar, hal itulah yang menyebabkan patung lain tidak bergerak,” tambah Gosling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya