SOLOPOS.COM - Seragam mewah siswa SD Taimei, Ginza, Jepang (Oddity Central)

Kisah unik tentang seragam siswa SD yang dibanderol seharga Rp9,5 juta.

Solopos.com, GINZA – Seragam sekolah merupakan pakaian yang wajib dikenakan setiap murid. Pakaian ini biasanya dibuat dengan desain sederhana berharga terjangkau. Lantas, bagaimana jika seragam sekolah itu berharga fantastis?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Oddity Central, Selasa (13/2/2018), Taimei Elementary School di Ginza, Jepang, meminta para siswa mengenakan seragam seharga US$700 atau sekitar Rp9,5 juta. Seragam tersebut merupakan model terbaru yang khusus dibuat sebagai ciri khas murid sekolah mereka.

Sayangnya, pengadaan seragam itu menuai protes dari wali murid karena harganya yang terlalu mahal. Mereka menilai seragam itu tidak ada gunanya selain untuk gaya. Bagi mereka, mengenalkan pakaian mewah kepada siswa sekolah dasar (SD) merupakan tindakan yang sia-sia.

Seragam tersebut berharga malah karena dibuat oleh produsen merek ternama di Jepang, Armani. Merek tersebut sangat terkenal di Ginza yang merupakan kawasan paling modis di Jepang. Sayangnya, pengadaan seragam ini memicu ketegangan antara pihak sekolah dengan wali murid hingga menjadi perbincangan hangat di Parlemen Jepang.

Sebelum adanya seragam buatan Armani, siswa SD Taimei memakai seragam seharga Rp3 juta. Harga ini awalnya juga membuat para orang tua keberatan. Mereka merasa harga itu terlalu mahal untuk seragam anak SD.

Menanggapi kontroversi tersebut, Kepala SD Taimei, Toshitsugu Wada, menegaskan bahwa seragam itu dibuat untuk memperkuat identitas sekolah. Dia tetap mempertahankan keputusannya meski terus dikecam banyak pihak. Padahal, seragam bukanlah pakaian yang wajib dikenakan oleh siswa di Jepang. Namun, siswa yang memakai seragam dipandang lebih eksklusif.

“Saya membuat keputusan ini untuk masa depan sekolah. Saya akan menjelaskan masalah ini kepada wali murid agar mereka mengerti,” tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya