SOLOPOS.COM - Warga Dusun Karang, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, antusias mengikuti lomba tarik traktor memeriahkan HUT Ke 69 RI, Minggu (25/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Hari Ulang Tahun ke-69 Republik Indonesia memang sudah berlalu. Namun, kemeriahan perayaan ini masih terasa, salah satunya karena perhelatan lomba tarik traktor yang diadakan warga Dusun Karang, Desa Tuksono,Kecamatan Sentolo, Minggu (25/8/2014).

Uniknya perlombaan ini tak hanya diikuti oleh laki-laki, tetapi juga oleh ibu-ibu rumah tangga. Padahal objek yang harus ditarik peserta ini adalah traktor seberat lebih dari lima ton. Perlombaan inipun langsung menarik perhatian warga.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Sekuat tenaga dengan mimik muka yang memerah para peserta ini menarik traktor tersebut menuju garis finish sejauh 30 meter. Tini 52, seorang peserta mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini.

“Ternyata ditarik [traktor] ramai-ramai tetap terasa berat. Sampai kewalahan saya, berat sekali ini faktornya,” ujar Tini.

Tak hanya lomba tarik traktor yang juga turut menarik antusiasme warga dalam memeriahkan acara ini. Perlombaan unik lainnya seperti lomba dorong gerobak angkong dan lomba tarik tambang juga tak kalah menarik. Apalagi peserta dari segala umur turut serta dalam lomba ini.

Panitia lomba Ponijan mengatakan lomba ini digelar oleh Karang taruna Dusun Karang dalam menyambut HUT ke-69 RI. Baik perlombaan maupun bentuk hadiahnya juga tidak kalah unik.

“Kami beri tambahan hadiah yaitu untuk juara ketiga bisa menikmati bakso gratis,” ujar Ponijan.

Ponijan menambahkan lomba unik tersebut baru pertama kalinya digelar warga desa ini. Terutama lomba tarik traktor dan lomba dorong gerobak.

“Sebelumnya kami menggelar lomba panjat pinang. Lalu kali ini dengan lomba tarik traktor dan lomba dorong gerobak, biar acara 17-an ini meriah,”

imbuh Ponijan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya