SOLOPOS.COM - Kadal dengan berat enam kilogram melarikan diri dari sang pemilik (IST/South West News Service)

Kisah unik mengenai kadal dengan berat enam kilogram.

Harianjogja.com, INGGRIS — Seekor kadal chubby memilih kabur diminta sang pemilik untuk menjalani diet ketat. Selang seminggu, kadal yang mengharapkan kebebasan untuk makan akhirnya bersatu kembali dengan pemilik.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dikutip dari Mirror, Minggu (28/8/2016), pemilik lama, terbilang memanjakan kadal ini dengan memberikan makan yang berlebihan. Alhasil kadal ini memiliki berat badan enam kilogram.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemilik baru yang mengadopsi reptil ini ternyata memiliki pemikiran yang berbeda. Dia sengaja melatihsi kadal untuk diet ketat dan olah raga ekstrem. Perubahan yang drastis ini mungkin membuat si kadal tertekan dan memilih kabur dari rumah pemiliknya, di Kelsale, Suffolk.

Untungnya, kadal ini dapat kembali ke rumah setelah diselamatkan Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA).

Pertamakali, kadal ini ditemukan seorang pejalan kaki. Dia sempat terkejut melihat ada reptil besar bersembunyi di bawah logam.

Inspektur RSPCA, Jason Finch mengatakan,”Saya terkejut ketika pertamakali melihat kadal ini. Awalnya, mungkin orang akan mengira hewan ini sebagai buaya, karena besar sekali. Saya baru sekali melihat kadal, tetapi tidak sebesar ini. Yang ini benar-benar besar dan kuat. Dia adalah hewan yang kelebihan berat badan, kemudian hilang dan memiliki karakter agresif. Orang yang menemukan harus membawa kendaraan untuk meletakan kadal ini, baru menghubungi kami untuk meminta bantuan. Beruntung pemiliknya responsif untuk mencari sehingga dapat dikembalikan,” paparnya.

Sebelum kabur, sang pemilik mengakui memang melepas kadal ini di kebun rumah agar dapat berenang atau berjalan memutar untuk mengurangi berat badan. Baru beberapa saat dilepas, kadal ini merasa jengah dan memilih kabur.

“Dari laporan yang didapatkan, pemiliknya mengadopsi kadal ini setelah pemilik sebelumnya memberikan makan berlebih sehingga kadal ini menjadi obesitas,” terangnya.

Peneliti hewan eksotik dari RSCPA, Ros Clubb, berkata,”Beruntung kadal ini dapat ditemukan, karena biasanya hewan seperti ini tak dapat bertahan lama di alam liar,” paparnya.

“Sebenarnya niat pemilik memberikan latihan untuk menurunkan berat badan baik. Namun reptil merupakan hewan yang lambat, begitu juga dengan metabolismenya. Jadi cara yang benar adalah mengelola makanan yang dikonsumsi,” katanya.

Reptil membutuhkan lingkungan untuk menghangatkan diri dan membutuhkan energi lebih besar di udara yang hangat sehingga dapat bergerak lebih cepat dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya