SOLOPOS.COM - Jim 'Pee Wee' Martin, 93, bersiap untuk mendarat saat peringatan D-Day (Dailymail)

Solopos.com, CARENTAN- Kisah unik ini dalam rabgja peringatan hari pembebasan kekuasan Nazi.

Untuk memperingati D-Day yaitu hari pendaratan pasukan sekutu ke Perancis untuk membebaskan Eropa dari kekuasaan Nazi Jerman, seorang veteran Perang Dunia II yang berusia 93 tahun melakukan aksi nekat terjun payung dari angkasa.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Memang dia tidak sendirian dalam melakukan aksi tersebut, dia didampingi seorang anggota militer Inggris. Jim ‘Pee Wee’ Martin yang pada saat ikut dalam penerjunan bersama ratusan tentara ke Normandy Perancis pada 1944, melompat dari ketinggian 5.000 kaki.

Warga Skotlandia ini mendarat di lapangan di luar Desa Ranville di Normandy. Lapangan ini merupakan tempat dirinya mendarat pada 70 tahun yang lalu, ketika Martin masih tergabung dalam resimen terjun payung Batalyon 13 Inggris.

Hebatnya, Martin termasuk dalam pasukan gelombang pertama yang termasuk dalam pasukan aliansi untuk melepaskan kekuasaan Nazi di Prancis. Martin ditemani oleh anggota penerjun Inggris Sersan Billy Blanchard yang termasuk dalam anggota penerjun Red Devils.

“Mereka (Red Devils) membuat saya merasa tenang. Tetapi saya ingin keluar dari pintu (pesawat),” ujar Martin, seperti dikutip Daily Mail Jumat (6/6/2014).

Keduanya kemudian mendarat di lapangan yang sudah ditentukan. Tidak disangka, pendaratan Martin sudah ditunggu oleh Pangeran Charles. Setelah martin mendarat, Pangeran Charles pun memberikan selamat kepadanya.

Pemimpin dunia seperti Presiden Barack Obama dan Ratu Elizabeth II juga berencana akan bertemu dengan para veteran tersebut dan memberikan tanda kehormatan pada sekitar lebih dari 150.000 tentara Amerika, Inggris, Kanada dan veteran lain yang ikut serta menempuh bahaya melakukan terjun payung untuk mengalahkan pasukan Hitler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya