SOLOPOS.COM - Gunung Everest (wapannuri.com)

Kisah unik kali ini mengenai tempat-tempat ekstrem alias tak lazim yang menyediakan layanan Wi-Fi.

Solopos.com, TOKYO — Wireless Fidelity (Wifi) , atau yang sering disebut jaringan internet tanpa kabel, identik dengan tempat yang nyaman untuk membuka akses internet. Namun, di tempat-tempat ekstrem alias tak lazim dengan layanan Wifi justruk menyediakan untuk memanjakan masyarakat dan pendatang.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Gunung Fuji

Gunung Fuji (ushioline.blogspot.com)

Gunung Fuji (ushioline.blogspot.com)

Gunung Fuji dengan ketinggian 3.776m telah dilengkapi dengan delapan lokasi free Wifi. Docomo selaku penyedia jaringan internet di Jepang membuka akses free Wifi di Gunung Fuji, Jumat (10/7/2015). Dengan terpasangnya jaringan Wifi gratis di Gunung Fuji, pendaki dapat menggunakan handphone mereka untuk mengakses internet.

“Kami berharap dengan adanya Wifi di Gunung Fuji pengunjung dapat menyebarkan momen apa saja yang mereka dapat di puncak dan tidak kesulitan mendapat info cuaca atau info lain yang dapat berguna bagi keselamatan mereka,” ungkap salah satu anggota pemerintah lokal yang dikutip Asahi Shimbun, Senin (6/7/2015).

Hingga saat ini, Jepang telah memasang free Wifi di tempat-tempat umum seperti bandara, jalur kereta bawah tanah, hingga di setiap bus yang beroperasi. Dengan ditambahkannya Wifi gratis di Gunung Fuji diharapkan jalur akses internet di Jepang lebih mendukung warga lokal dan juga pengunjung.

Seperti yang dikutip oleh situs japantoday.com, pemasangan free Wifi bertujuan menarik pengunjung dari luar daerah untuk berkunjung. Shizuoka dan Yamansashi sebagai pintu gerbang ke Gunung Fuji diharapkan menjadi lebih ramai didatangi pengunjung.

Bagi pengunjung atau pendaki yang ingin menggunakan fasilitas Wifi lebih dari 72 jam, wajib memasukkan password yang disediakan oleh Docomo. Sarana Wifi ini akan terus mendukung para pengunjung hingga musim mendaki selesai pada pertengahan bulan September.

Gunung Everest

Gunung Everest (wapannuri.com)

Gunung Everest (wapannuri.com)

Sebagaimana dikutip whoishostingthis.com, Gunung Everest telah memiliki Wifi sejak sebuah penyedia jaringan internet memasangnya pada tahun 2010. Tempat tertinggi gunung ini yang dilengkapi Wifi adalah camp di ketinggian 17.000 kaki. Tempat tersebut adalah persinggahan para pendaki sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Everest.

Kutub Utara

Kutub Utara (www.crowdvoice.com)

Kutub Utara (www.crowdvoice.com)

Kutub Utara adalah tempat terdingin yang mendapatkan akses Wi-Fi. Tempat ini telah tersambung dengan internet sejak 2005 silam.

Gunung Girnar

Gunung Giran (enimelani.blogspot.com)

Gunung Giran (enimelani.blogspot.com)

Gunung Girnar adalah gunung tertinggi di Gujarat dengan tinggi 3.383 kaki. Wi-Fi di tempat ini mulai beroperasi pada tahun 2010.

Lembah Sarihan

Lembah Sarihan (Dennismaat.wordpress.com)

Lembah Sarihan (Dennismaat.wordpress.com)

Sarihan adalah sebuah lembah yang dipenuhi gua-gua di tengah gurun pasir di India. Tempat ini baru dialiri listrik pada tahun 2005. Setelah teraliri dengan listrik, warga di desa ini mulai menggunakan Wi-Fi yang di pancarkan melalui tower setinggi 20m.

Taman Kfar Kedem

Taman Kfar Kedem (mexico.cnn.com)

Taman Kfar Kedem (mexico.cnn.com)

Masyarakat di Taman Kfar Kedem, Israel menampilkan dua kondisi yang kontras. Di satu sisi, masyarakatnya ingin menunjukan bagaimana hidup secara tradisional di masa 2.000 tahun lalu. Hal tersebut ditunjukan dengan pembuatan makanan tradisional dan proses pemerahan kambing. Di sisi lain, kambing-kambing yang berkeliaran membawa peralatan canggih yaitu Wi-Fi hotspot di punggung mereka. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya