SOLOPOS.COM - Snakehead yang tertangkap manusia (officialworldrecord.com)

Solopos.com, SOLO — Ada sekitar 28.000 jenis ikan yang hidup tersebar di sungai dan laut Planet Bumi kita. Namun tahukah Anda, ada beberapa ikan yang tampil dengan wajah aneh saat ditemukan oleh para ilmuwan? Berikut ini beberapa ikan teraneh yang berhasil dirangkum oleh Huffingtonpost, Kamis (14/11/2013):

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mulutnya bagaikan jurang…

Jawfish

Jawfish, mulutnya menganga ;alsana jurang (news.com.au-Gerald Allen)

Jawfish, mulutnya menganga ;alsana jurang (news.com.au-Gerald Allen)

Ikan ini biasa meletakkan telur-telurnya di dalam mulut untuk melindunginya dari predator. Akibatnya mulutnya terlihat seperti jurang yang menganga. Alhasil, jadilah spesies ikan ini sebagai salah satu di antara 6 ikan teraneh di dunia.

Meskipun berwajah aneh, jangan khawatir, ikan ini hanya memakan plankton sehingga bukan menjadi musuh manusia.

 

Bisa meraksasa hingga 2 meter

Wolfish

Wolffish bisa sampai 2 meter besarnya (news.com.au-Magnus Lungdren)Ikan ini terlihat cukup menyeramkan sehingga layak dianggap sebagai salah 1 dari 6 ikan teraneh di dunia. Bukan hanya tampil dengan tampang aneh, ia juga dapat tumbuh hingga lebih dari 2 meter. Giginya terlihat tak beraturan.

Meskipun penampilannya menyeramkan, ikan ini tergolong ikan yang cukup lemah lembut dalam bergerak. Mereka lebih suka bersembunyi di sela-sela karang yang terdapat di dasar laut. Makanan utama wolfish adalah hewan bercangkang keras seperti kerang laut.

 

Seram tetapi lembek

Coffinfish

Coffinfish, seram tetapi lembek (news.com.au)

Coffinfish, seram tetapi lembek (news.com.au)

Makhluk aneh ini mampu menarik perhatian publik saat ditemukan di lepas pantai timur Australia. Alhasil, ia pun dianggap layak sebagai 1 dari 6 ikan teraneh di dunia.

Habitatnya di daerah berlumpur yang terletak di dasar laut. Meskipun bertampang menyeramkan, ikan yang lebih mirip kodok ini memiliki tubuh yang lembek dan memiliki moncong yang dapat disembunyikan.

 

Seram tetapi lezat…

Snakehead

Snakehead fish yang seran tetapi lezat (news.com.au)

Snakehead fish yang seran tetapi lezat (news.com.au)

Ikan ini terlihat seperti monster yang menyeramkan. Giginya yang runcing semakin membuat ikan ini dianggap layak dihindari manusia dan layaklah ia menjadi 1 dari 6 ikan teraneh di dunia..

Tetapi, jangan salah menilainya. Pada kenyataannya snakehead merupakan ikan yang sangat terkenal akan kelezatannya di Burma dan Vietnam.

 

 Yang ini memang berbahaya…

Fangtooth

Fangtooth tak hanya menyeramkan tetapi juga berbahaya (news.com.au)

Fangtooth tak hanya menyeramkan tetapi juga berbahaya (news.com.au)

Seperti namanya, ikan ini memiliki gigi taring yang sangat tajam. giginya yang panjang dan runcing tampak tak sinkron dengan tubuhnya yang kecil. Jangan main-main dengannya! Ikan yang tampak menyeramkan ini memang cukup berbahaya bagi manusia. Tak heran jika 1 dari 6 ikan teraneh di dunia.

 

 Yang ini yang terjelek…

Blobfish

Blobfish yang dianggap sebagai ikan terjelek (news.com.au)

Blobfish yang dianggap sebagai ikan terjelek (news.com.au)

Blobfish memiliki tubuh yang licin dan terlihat tak beraturan. Dengan tampany yang seperti itu, wajar saja jika ikan ini dinobatkan menjadi hewan terjelek di planet ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya