SOLOPOS.COM - Mbah Gotho salah satu manusia tertua di dunia asal Sragen (JIBI/Solopos/Dok)

Kisah unik Mbah Gotho pria berusia 146 tahun membagian resep panjang umurnya.

Solopos.com, SRAGEN — Suparlan atau Sodimejo atau biasa dipanggil Mbah Gotho merupakan satu manusia tertua di dunia. Pria berusia 146 tahun ini berasal dari Dukuh Segeran RT 018/RW 008, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mbah Gotho manusia tertua di dunia asal Sragen mengaku punya resep hidup sehingga usianya bisa mencapai nyaris satu setengah abad. Dia kini tinggal di rumah cucunya, Suryanto, 46, di Cemeng, Sambungmacan, Sragen.

Baca juga:
Kondisi Mbah Gotho Usia 146 Tahun
Mbah Gotho di Usia 144 Tahun
Sodimejo Sragen Manusia Tertua pada usia 140 tahun
Mbah Gotho Sabar Menanti Ajal

Gotho memiliki empat istri resmi namun hanya memiliki tiga anak. Semua istri dan anaknya sudah mendahuluinya. Prinsip hidupnya sabar dan menerima apa adanya. Prinsip itulah yang membuat Gotho hidup lama.

Ia sangat suka dengan jamu daun pepaya. Ia mengeluh beberapa hari terakhir tak lagi dibelikan jamu itu oleh cucunya. “Sabar itu subur. Narima [menerima] itu bakal utama. Itu yang mestinya dipegang manusia sampai kiamat. Saya itu makan pahit, asin, pedas, manis ya saya terima. Jagat itu ada dua, yakni jagat [orang bebuat] baik dan jagat [orang berbuat] buruk,” ujarnya ketika ditemui Solopos.com, Sabtu (28/8/2016).

Ia beberapa kali menyebut kiamat sudah dekat. Ia menyampaikan pesan agar selalu ingat. “Beja-bejane wong lali luwih beja sing eling [untung-untungnya orang lupa lebih untung orang yang ingat],” katanya seperti piwulang yang disampaikan Ranggawarsita.

Suryanto menyampaikan kalau simbahnya pernah hanyut di sungai tetapi bisa selamat sendiri.

“Simbah itu suka mencari ikan di Sungai Bengawan Solo. Saya masih ingat, kendati sudah tua pun masih suka mencari ikan. Saat hanyut di sungai itu ya karena sering mencari ikan. Selain itu, dulu masih rajin mencakul ke sawah. Kadang juga bersih-bersih rumput. Sekarang hanya bisa duduk-duduk karena sudah lemah,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya