SOLOPOS.COM - Manula Ponorogo pemenang lomba menghafal Pancasila, Jumat (14/8/2015), menerima hadiah seekor bebek. (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

Kisah unik tersiar dari Ponorogo. Dalam perayaan HUT RI, manula Ponorogo yang hapal Pancasila bisa berlomba mendapatkan seekor bebek.

Madiunpos.com, PONOROGO – Kegiatan menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan semakin beragam. Di Ponorogo, sejumlah manusia lanjut usia (manula) berlomba menghapal Pancasila dalam perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI). Pemenangnya berhak atas seekor bebek sebagai hadiah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perayaan HUT RI di Ponorogo bukan hanya diisi dengan berbagai lomba yang melibatkan anak-anak. Orang dewasa pun dilibatkan. Bahkan, Jumat (14/8/2015), kegiatan dalam menyambut Hari Kemerdekaan juga melibatkan para manula Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Ponorogo.

Salah satu lomba yang diikuti para manula tersebut adalah lomba menghapal Pancasila. Syarat kepesertaannya adalah yang berusia di atas 50 tahun.

Meskipun usia para peserta lomba menghapal Pancasila itu umunya telah senja, semangat mereka tak tampak surut. Mereka bahkan mengaku lebih bersemangat saat disaksikan oleh anak-cucu yang terus bersorak riang menyaksikan jalannya kegiatan.

Kemeriahan lomba Agustusan tersebut semakin terasa saat panitia mengumumkan hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang, yaitu seekor bebek.

Menurut Kepala Desa Baringin, Barno, kegiatan lomba para lansia ini bertujuan agar supaya mereka tetap memiliki semangat untuk merayakan peringatan Hari Kemerdekaan, termasuk membangkitkan semangat bergotong-royong membangun desa.

“Kegiatan lomba ini adalah untuk memperingati Hari Kemerdekaan yang juga sekaligus sebagai sarana silahturahmi dan upaya mempererat kerukunan antarwarga, agar bisa bersama-sama membangun desa,” ungkap Barno.

Lomba yang cukup meriah ini diakhiri dengan kerja bakti membersihkan dan meratakan lapangan desa setempat . Warga yang dibantu beberapa anggota TNI dan Polri turut serta bahu-membahu melaksanakan kerja bakti. (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya