SOLOPOS.COM - Gotong royong warga Jjepang di Stasiun JR Minami-Urawa, utara Tokyo, demi menyelamatkan rekan mereka yang terpeleset masuk kolong kereta api. (dailymail.co.uk) - Copy

Gotong royong warga Jjepang di Stasiun JR Minami-Urawa, utara Tokyo, demi menyelamatkan rekan mereka yang terpeleset masuk kolong kereta api. (dailymail.co.uk)

Gotong royong warga Jepang di Stasiun JR Minami-Urawa, utara Tokyo, demi menyelamatkan rekan mereka yang terpeleset masuk kolong kereta api. (dailymail.co.uk)

Solopos.com, TOKYO — Jiwa gotong royong tak luntur di tengah metropolitan Jepang yang sibuk dan selalu tampak terburu-buru. Setidaknya, itulah yang ditunjukkan rekaman kamera wartawan surat kabar harian terbesar Jepang, Yomiuri Shimbun, dan diungah dalam laman Dailymail, Senin (22/7/2013).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Berita berfoto itu mendokumentasikan upaya heroik para penumpang kereta api Jepang mendorong gerbong seberat 32 ton demi menyelamatkan seorang yang terpeleset dan jatuh dari peron stasiun. Wanita berusia 30-an tahun itu terjebak dalam celah sempit yang tingginya sekitar 20 cm di antara peron dan jalur rel kereta api.

Demi mengeluarkan korban dari celah sempit itu, orang-orang yang ada di Stasiun JR Minami-Urawa, utara Tokyo, pun mendorong kereta di atasnya ke satu sisi. Di saat jam sibuk itu, stasiun memang terlihat cukup padat penumpang, tetapi biasanya mereka tampak bergerak terburu-buru mengejar waktu.

Kala musibah datang, nyatanya semua orang—lelaki maupun perempuan—meluangkan sedikit waktu untuk bekerja sama menanggulanginya. Setelah kereta miring karena ditahan puluhan penumpang dan pegawai stasiun, wanita itu bisa merangkak keluar dari celah sempit itu tanpa cedera berarti.

Begitu upaya itu berhasil dan wanita itu berhasil dipapah ke tempat aman, semua yang ada di stasiun itu pun bertepuk tangan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya