Padmarajan (kedua dari kiri) menerima berkas pencalonan dari 'KPU' India (thehindu.com)

Solopos.com, NEW DELHI - Kisah unik Caleg di India ini belakangan jadi buah bibir. Pria bernama Padmarajan dari Ibu Kota New Delhi sudah gagal sebanyak 158 kali pencalonannya menjadi anggota dewan. Kini dia masih berusaha masuk pralemen.

Jika di Indonesia banyak Calon Legislatif (Caleg) gagal lantas bunuh diri, beda halnya dengan pria yang satu ini. Dia bahkan tak menyerah dan kembali mendeklarasikan pencalonan dirinya untuk kali ke-159.

Dilansir News.com.au, Rabu (30/4/2014), Padmarajan adalah seorang penambal ban asal New Delhi. Sejak 1988 dia sudah nyaleg.

Tiba-tiba terlintas di benak saya bagaimana jika seorang dengan pendapatan minim bisa memiliki posisi penting. Itulah kenapa saya ingin bersaing di pemilihan umum," ujar Padmarajan.

Sejauh ini, Padmarajan sudah menghabiskan uang Rp250 juta. Nominal ini mungkin tak sebanding dengan lawan-lawannya. Namun tetap saja cukup berat untuk seorang yang berprofesi sebagai penambal ban.

Lebih dari dua dekade Padmarajan mencalonkan diri jadi anggota legislatif namun selalu kalah. Dia juga sering bersaing dengan politisi senior di India.

Meski demikian kegagalannya ini tak selalu berujung kesedihan, apalagi sampai depresi dan masuk rumah sakit jiwa. Padmarajan menerima Rekor Limca, semacam rekor dunia Guiness namun hanya di tingkat lokal India.

Menurut Padmarajan dirinya tak mencari kemenangan. Tahun ini dia bersaing dengan politikus Partai Bharatiya Janata (BJP) Narendra Modi yang tengah gencar diberitakan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten