SOLOPOS.COM - Les femmes d'Alger (Version O) (Telegraph.co.uk)

Kisah unik lukisan karya Pablo Picasso, yang laku jauh lebih tinggi dari harga penawaran dalam sebuah pelelangan.

Solopos.com, NEW YORK-Lukisan cat minyak karya Pablo Picasso berhasil memecahkan rekor sebagai karya seni termahal saat terjual di Balai Lelang Christie senilai US$179,4 juta atau sekitar Rp2,3 triliun. Wah!

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Balai lelang itu memperkirakan lukisan berjudul Les femmes d’Alger (Wanita Algeria) itu terjual senilai US$140 juta. Namun, persaingan di antara penawar pada Senin (11/5/2015) waktu setempat itu membuat harga lukisan terus naik hingga US$160 juta.

Akhirnya, pemenang lelang harus membayar US$179,4 juta atau ditambah 12 persen dari komisi untuk Balai Lelang Christie.

Karya seni termahal sebelumnya adalah lukisan Francis Bacon berjudul Three Studies of Lucian Freud. Lukisan itu terjual di balai lelang Christie pada 2013 senilai US$142,4 juta.

“Akan sangat menarik untuk mengikuti sampai seberapa lama rekor ini akan bertahan,” kata Jussi Pylkkanen, presiden gobal Christie.

Pada lelang itu, Christie menjual lebih dari 30 karya seni dengan total nilai US$705,9 juta atau jauh melampaui perkiraan awal yang hanya mencapai US$578 juta.

Les femmes d’Alger kali terakhir dilelang pada 1997 dengan nilai jual pada saat itu US$31,9 juta atau hampir tiga kali perkiraan awal. Pada tahun ini, penawaran awal yang diajukan adalah US$100 juta dengan angka kenaikan minimal US$1 juta.

“Kami telah menyaksikan kompetisi yang sangat hebat. Lima kolektor utama telah melakukan penawaran di atas US$120 juta. Pasar karya seni telah berubah secara dramatis,” kata Pylkkanen.

Pihak Christie sendiri menyatakan para penawar itu datang dari 35 negara. Para kolektor dari Eropa dan Asia bersaing dengan warga Amerika Serikat untuk karya-karya bernilai tinggi.

Sementara itu, lukisan lain karya Picasso, Buste de femme (femme a la resile), mencatatkan angka penjualan senilai US$67,4 juta.

Penjualan besar lain adalah lukisan Mark Rothko berjudul No 36 (Black Stripe) dan karya Monet, Le Parlement, masing-masing senilai US$40,5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya