SOLOPOS.COM - Aiptu Rewang menunjukkan ikan lele ukuran 60 cm yang dia budidayakan dengan pakan azolla pinnata atau tumbuhan mata lele di rumahnya, Rabu (14/6/2017). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Lele piaraan warga Boyolali tumbuh hingga sepanjang setengah meter.

Solopos.com, BOYOLALI — Usaha budidaya ikan lele yang dilakukan warga Desa Cangkringan, Banyudono, Aiptu Rewang, ini tergolong unik. Ikan-ikan lelenya tak dikasih pakan pelet sepenuhnya, melainkan dikasih pakan tumbuhan mata lele atau azolla pinnata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasilnya, lele-lele piaraan Rewang berkembang sehat bahkan ada yang memiliki panjang lebih dari setengah meter. Solopos.com diajak melihat langsung kolam ikan lele Aiptu Rewang di rumahnya, Desa Cangkringan, Banyodono, Rabu (14/6/2017).

Saat memasuki kolam di dalam rumahnya, yang terlihat pemandangan ikan lele bergerak gesit. Yang mengherankan lagi, di kolam itu sama sekali tak tercium bau amis atau kotoran layaknya kolam ikan lele.

Ekspedisi Mudik 2024

Padahal, ikan-ikan lele Rewang dalam satu kolam mencapai 4.000 ekor. “Kami sekeluarga makan bersama keluarga di atas kolam ini karena memang tak ada bau kotoran,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (14/6/2017).

Menurut polisi yang bertugas di Polsek Banyudono ini, salah satu yang menyebabkan ikan lele piaraannya tak berbau ialah karena konsumsi pakannya Azolla pinnata atau tumbuhan mata lele. Tanaman inilah yang membuat ikan-ikan lele tumbuh sehat dan tak menimbulkan aroma amis dan bau kotoran.

“Kalau dikupas, dagingnya enggak terasa bau tanah atau amis sperti lele pada umumnya, dagingnya terasa keset,” ujar istri Rewang.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Azolla pinnata merupakan tumbuhan kecil yang mengapung di air, terlihat berbentuk segitiga atau segiempat. Azolla berukuran 2 cm-4 cm x 1 cm, dengan cabang, akar rhizoma, dan daun terapung.

Azolla banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan ikan. Oleh karena banyak mengandung vitamin, azolla bisa menghemat pakan ikan. Azolla sangat cocok untuk ikan nila sekaligus menjadi pakan alternatif dalam budidaya ikan nila.

Rewang mengaku sudah kali kelima memanen ikan lele dengan pakan azolla pinnata. Meski mampu mengurangi biaya pakan cukup banyak, namun Rewang belum tertarik untuk menjadikan itu bisnis utama.

Rewang lebih banyak membagi-bagikan ikan lelenya kepada teman, tetangga, atau acara-acara pengajian di musala di depan rumahnya. “Saya belum pernah menghitung secara persis berapa keuntungannya. Masih banyak dikonsumsi untuk keluarga dan dibagi-bagikan kepada teman. Sebagian yang tersisa baru dibeli pengepul,” paparnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya